Teknik Promosi yang Bisa Dilakukan oleh Mompreneur #2

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Sebelumnya, Anda harus membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis karena berbisnis di rumah sangat membutuhkan manajemen waktu. Selain itu, Anda juga harus tahu kalau beberapa trik promosi yang boleh dicontek semuanya. Pasalnya, promosi adalah ujung tombak berbisnis. Beberapa teknik promosi yang bisa Anda lakukan adalah:

Yang pertama, membuat dan menjual berupa paket.

Anda bisa menawarkan paket ketika berjualan. Contohnya, Anda jualan produk fashion muslimah, maka bisa membuat paket komplit, seperti paket yang berisi jilbab, gamis, handsock, hingga kaos kaki. Contonya, Anda jualan produk kuliner, bisa membuat paket 3 produk dengan harga yang lebih murah dari pada membeli eceran.

Yang kedua, memberikan bonus.

Anda bisa memberikan bonus yang sekiranya disukai oleh target market. Misalnya, Anda yang berbisnis gamis, bisa memberikan bonus aksesori seperti bros, atau bagi yang jualan frozen food bisa memberikan bonus 3 buah frozen food yang lainnya. Bonus bisa membuat konsumen merasa suka berbelanja kepada Anda.

Yang ketiga, kasih tahu kalau produknya terbatas atau tinggal sedikit.

Ketika calon pembeli tahu kalau stok produk tersebut sudah sedikit, maka mendorong mereka untuk segera membeli. Sebaiknya Anda tulis berupa angka dan bukan huruf, ya. Contohnya, stok tinggal 5 buah lagi. Tapi, pastikan kalau Anda tidak berbohong, ya.

Yang keempat, bikin checklist yang harus dibeli dan bukan yang dibutuhkan.

Ini adalah trik promosi lain yang bisa Anda pakai. Yaitu buat daftar yang sebaiknya dibeli oleh konsumen. Misalnya, Anda yang berbisnis kuliner bisa membuat daftar berikut ini:

– Nasi

– Lauk

– Sayur

– Sambal

– Buah, dst

Maka, awalnya mereka hanya ingin membeli nasi dan lauk saja, bisa berubah membeli semua di daftar tersebut.

Yang kelima, tawarkan pilihan membeli produk A atau B.

Jangan tawarkan apakah konsumen mau membeli atau tidak. Tapi, tawarkan konsumen mau membeli produk A atau produk B. Dengan begitu bisa menggiring mereka untuk jadi membeli, meski hanya 1 buah.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.