Teknik Promosi dengan Menonjolkan Value

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena semua hal sederhana itu bisa Anda lakukan hanya di dalam rumah sekaligus bisa meningkatkan omset. Selain itu, meski berbisnis dari rumah maka Anda harus tahu value atau “nilai lebih” sehingga berbeda dengan kompetitor.

Tahukah, jika setiap produk pasti punya nilai? Nilai itu yang membuat konsumen membeli produk Anda, bukan produk pesaing.

Tahukah jika nilai produk tersebut bisa menjadi nilai bisnis Anda sekaligus? Jawabannya adalah: harus menjadi SOCIALPRENEUR.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan agar membuat nilai produk jadi nilai bisnis, sehingga bisa menjadi socialpreneur?

Yang pertama, tentu kenali apa nilai produk Anda?

Contoh:  produk IndBlack adalah handsocks handmade. Nilai produk terletak pada handmade sehingga diproduksi dalam jumlah yang sedikit agar penggunanya terkesan eksklusif.

Yang kedua, tonjolkan nilai produk tersebut yang mewakili karakter bisnis Anda.

Contoh:  Saya sebagai CEO Indscript kerap berbagi cerita bagaimana kehidupan tim yang mayoritas perempuan. Baik dari back office, produksi, hingga marketer dari kalangan perempuan. Secara tidak langsung, nama Indscript terkait erat dengan kalangan perempuan. Dari hulu ke hilirnya yaitu konsumen yang juga perempuan.

Yang ketiga, nilai bisnis yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

Contoh: proses produksi Indblack menggunakan tenaga para perempuan di sekitar, sekaligus bisa memberdayakan perempuan. Artinya, itu sudah menjadi socialpreneur.

Anda juga ingin kan memaksimalkan nilai produk yang sudah, lalu menjadi nilai bisnis? Bahkan kelak juga bisa menjadi socialprenenur, karena menjadi socialprenenur akan lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Nah, Anda sendiri, harus membuat pemetaan, yaitu:

  1. Apa nilai produk Anda?
  2. Dari nilai produk di atas, lalu apa yang menjadi nilai bisnis Anda?
  3. Lalu, kaitkan dengan kegiatan yang bisa memberdayakan masyarakat?

Yang keempat, sebarkan informasi value-nya

Bisa di facebook, atau WA, dan lainnya.

Whatsapp atau WA adalah salah satu aplikasi chatting yang sering diakses oleh konsumen setiap harinya. Namun, mereka menggunakan WA untuk berteman dan tidak suka diprospek, tidak mau dijualin, apalagi ditawarin dagangan. Maka, di BOW (Bimbingan Optimasi WA) akan 100% praktek bagaimana berteman dengan konsumen, meski baru pertama kenal, hingga closing itu datang sendiri.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah. Kebanyakan alumni BOW ikut kelas BOW di angkatan berikutnya, karena materinya ada yang berbeda di setiap angkatannya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan langsung praktik ya.