Teknik Promosi Berbisnis Penulisan

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena sebagai ibu rumah tangga (IRT) dan ingin produktif dan berpenghasilan dari berbisnis atau menulis, harus konsisten terhadap manajemen. Selain itu, bagi Anda yang ingin menjadi penulis ternyata juga bisa berbisnis tulisan.

Yang pertama adalah, Bisnis Tanpa Modal Itu Bisnis Tulisan

Suka nulis tapi pengen bisnis? Kenapa nggak bisnis tulisan aja. Soalnya, menulis itu keahlian yang bisa “dijual” lho. Apalagi sekarang lagi pada hits “memulai bisnis tanpa modal”. Cocok banget kalo Anda milh bisnis tulisan. Soalnya, tanpa modal materi juga bisa langsung jalan.

Bedanya ama bisnis barang, kan harus punya modal materi buat nyetok barang dulu. Lha kalau bisnis tulisan? Ya nyetok tulisan diri sendiri dulu aja. Gratis lah. Modalnya bukan barang. Tapi tekad kuat untuk menikmati proses dalam menulis.

Bedanya kalo Anda jual barang nih. Laku satu barang, langsung bisa dapat duit dari laba, kan? Kalau nulis, bikin 1 tulisan itu belum tentu bisa laku. Kalau pun laku, terkadang tidak langsung dibayar, lho.

Tapi, bisnis modal nol juga nantinya bisa menghasilkan yang wow, kok. Balik lagi, siapkan NIAT dan TEKAD di bisnis ini. Itu modal awal yang jauh lebih penting.

Yang kedua adalah, Gunakan Sarana yang Ada untuk Memulai Bisnis Penulisan

Hari gini, pasti pada punya HP, kan? Bahkan, laptop atau netbook juga bukan barang mahal lagi. Nah, maksimalkan gadget yang Anda punya saja. Punya laptop atau netbook yang jangan cuma dibuat youtube-an aja. Jangan cuma dipake buat kerja aja. Tapi, menulislah apalagi hanya pake sofrware MS.Word yang pasti semua laptop ada.

Gitu juga punya HP. Jangan buat chatting aja. Tapi gaul di komunitas menulis online. Sapalah teman-teman penulis yang kenal di dunia maya. Biar Anda makin dikenal oleh mereka juga.

Jadi, minimal punya HP aja sudah bisa mulai bisnis tulisan? Iyes banget. Nulis di HP kan tetep bisa, walo siap-siap jempol keriting, hehehe. Nggak apa-apa, kan proses

Nanti lama-lama bisa beli netbook dari keringat nulis. Nah, nggak pake alasan lagi nggak bisa merintis bisnis tulisan. Toh, modal HP pribadi aja sudah bisa, kok

Yang ketiga adalah, Modal Bisnis Penulisan adalah KREATIVITAS Dalam Menulis, Benarkah?

Kenapa dibilang tanpa modal? Soalnya, modal penting lainnya adalah kreativitas.

Gali kreativitas Anda agar

– Bisa menghasilkan tulisan yang unik dan menarik

– Bisa pilih kata yang menggugah perasaan pembaca

– Ato kreativitas dalam promosi jasa penulisan

Terus, gimana bisa menggali kreativitas dalam menulis?

  1. 1. Banyak membaca.

Dari bacaan tersebut, Anda jadi tahu tulisan apa yang disukai pembaca, apa keunggulan tulisan-tulisan yang sebelumnya sudah terbit, dll

  1. 2. Posisikan sebagai pembaca.

Kira-kira, naskah seperti apa sih yang dicari oleh pembaca. Baik itu pembaca buku cetak, pembaca e-book, pembaca artikel online, dll

  1. 3. Trial dan sempurnakan.

Coba keluarkan hasil kreativitas Anda. Lalu, bagaimana respon mereka? Kalo bagus, ya lanjutkan. Jika no respon, ya coba sempurnakan agar lebih bagus lagi.

Jadi, BERSAHABATLAH dengan KREATIVITAS

Yang keempat adalah promosi di WA.

Hal ini bisa dilakukan oleh penulis. Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.