Tata Cara Pre-Oder agar Laris

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, karena sebagai panduan Anda bagaimana bisa menghindari dari masalah bisnis. Selain itu, beberapa pebisnis masa kini lebih memilih menggunakan sistem pre-order (PO), sehingga mereka memproduksi dalam jumlah yang tepat. Berikut ini tips jika Anda akan membuka PO.

Yang pertama adalah harus tahu apa kelebihan produk Anda.

Sebelum membuka PO, Anda harus membuat naskah seputar product knowledge. Isinya biasanya mulai dari nama produknya apa, fungsinya apa, bahannya apa jika dibutuhkan informasinya, untuk siapa saja, hingga kelebihannya apa. Kelebihan ini yang membuat calon konsumen tertarik untuk ikut PO nantinya.

Yang kedua adalah harus ada harga coret.

Maksudnya, Anda harus menjelaskan kalau harga PO biasanya lebih murah dari pada harga umum (harga produk yang dijual setelah masa PO berakhir), sehingga Anda harus mencoret harga asli, lalu diganti dengan harga PO. Pastikan jika PO berakhir maka harganya benar-benar naik agar tidak membuat konsumen kecewa.

Yang ketiga adalah Anda bisa memutuskan memproduk dalam ju,lah yang lebih sedikit dari pada yang PO.

Misalnya, yang PO itu ada 100 buah, maka Anda bisa memproduksi sekitar 125 atau 150. Tapi, ketika menjual sisanya harus pakai harga umum, ya, bukan PO. Meski begitu, bisa juga Anda memproduksi dalam jumlah 2 kali lipat jika punya pertimbangan bisnis yang menjanjika ke depannya.

Yang keempat adalah harus tepat waktu.

Ketika melakukan promosi open PO, maka Anda jelaskan kapan konsumen bisa mendapatkan produknya. Pasalnya, ada juga sistem PO yang mewajibkan konsumen membayar terlebih dahulu, sehingga mereka juga tahu kira-kira kapan akan mendapatkan produk pesanannya.

Yang kelima adalah evaluasi sistem PO Anda.

Anggap saja ketika produk sudah dikirim ke semua pemesan PO, maka Anda bisa melakukan evaluasi. Antara lain, apakah jumlah yang PO itu sesuai target, rata-rata pembelinya itu siapa sehingga bisa mengenal target market dengan tepat pula.

Untuk yang akan membuka PO, bisa melakukan promosi layaknya launching. Namun, bagi Anda yang akan mengeluarkan produk baru atau bahkan bisnis baru, maka salah satu cara agar ketika produk laris berada di pasaran adalah, membuat launching yang tepat. Bahkan, Anda bisa melakukan launching secara online dengan membuka Launching Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: