Tantangan Usaha Rumahan yang Jualan Produk Bermerek

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, karena semua hal tersebut bisa dilakukan di rumah dan jika konsisten bisa membuat bisnis rumahan Anda semakin berkembang. Selain itu, bagi Anda yang memilih berbisnis produk bermerek, tentu harus menghadapi beberapa tantangan, seperti yang berikut ini.

Yang pertama adalah produk bermerek terkadang banyak yang fast moving.

Memang, jualan produk bermerek itu keuntungannya sudah ada target marketnya dan jelas. Tapi, konsumen juga suka membeli sehingga produknya tergolong fast moving. Memang menjadi keuntungan, tapi bisa jadi kebuntungan bagi yang tida nyetok. Misal, sudah promosi maksimal, dapat order, tapi produk habis.

Yang kedua dalam jualan produk bermerek adalah Anda harus punya catatan.

Untuk menghadapi masalah produk yang fast moving tersebut, Anda sebaiknya memiliki catatan mengenai stok. Misalnya, stok aja saja sih yang tergolong fast moving, jadi meski ada order tapi stok kosong, maka Anda harus mencatatnya untuk mengetahui selera pasar.

Yang ketiga dalam jualan produk bermerek adalah dari catatan tersebut maka Anda mulai tahu harus menyetok produk apa?

Inilah keuntungan ketika Anda sudah punya catatan, lalu bisa memperkirakan selera pasar bagaimana. Selanjutnya, Anda bisa mulai menyetok produk, meski dalam jumlah yang sedikit dahulu, lalu pilih yang setipe dengan produk fast moving tersebut agar bisa laris juga.

Yang keempat dalam jualan produk bermerek adalah pastikan memilih promosi yang tepat.

Promosi adalah ujung tombak berbisnis. Untuk produk bermerek biasanya memang harganya menengah atau menengah ke atas. Nah, untuk promosi kalangan tersebut memang Anda harus melakukan edukasi. Pasalnya, untuk membuat mereka paham pentingnya membeli produk Anda dengan harga yang pantas.

Yang kelima dalam jualan produk bermerek memang berbeda dalam hal promosi.

Lalu, bagaimana melakukan edukasi. Bagi Anda yang berbisnis online bisa memaksimalkan media sosial, aplikasi chatting, hingga menulis di blog. Pasalnya, edukasi memang membutuhkan tulisan yang menarik dan bisa membuat pembaca mengerti betapa pentingnya produk Anda ketika mereka gunakan nantinya.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com