Tantangan Bisnis di Era Digital (Khusus Pebisnis Fashion)

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar Anda bisa melakukan antisipasi atau segera tahu solusi ketika menghadapi masalah bisnis. Selain itu, bagi Anda yang berbisnis fashion harus siap menghadapi tantangan di era digital sekaligus tahu solusinya, seperti berikut ini.

Yang utama bagi produsen pebisnis fashion adalah persoalan penjahit.

Menjadi pebisnis produsen di bidang fashion memang tidak mewajibkan Anda bisa menjahit, tapi Anda tahu kualitan jahitan seperti apa yang disukai oleh konsumen. Sayangnya, tidak semua penjahit bisa cocok dengan Anda, sehingga harus terus mencari dan jika ketemu maka buat mereka nyaman dengan Anda.

Bagaimana bisa mendapatkan penjahit yang tepat?

Mau tidak mau memang Anda harus terus mencari. Anda bisa sebarkan informasi kalau tengah mencari penjahit, atau membutuhkan jasa makloon jika dalam jumlah yang banyak. Bahkan, ada pula yang sampai harus pergi ke luar kota untuk mendapatkan penjahit yang pas, baik kualitas jahitan dan siap dengan deadline.

Selain itu, Anda bisa mencari di komunitas bisnis.

Anda bisa bertanya di komunitas bisnis mengenai siapa anggotanya yang bisa menjahit atau memiliki jasa makloon. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam proses mencari penjahit. Bahkan bisa bekerja sama tanpa bertemu, yaitu mengirimkan hasil jahitannya saja.

Jangan lupa untuk menyetatus kalau Anda tengah mencari penjahit.

Maksimalkan media sosial untuk mendapatkan tim, termasuk mencari penjahit. Siapa tahu, orang yang Anda kenal lewat online tersebut memang bisa menjahit, atau punya rekomendasi penjahit. Jadinya, Anda tetap bisa mendapatkan penjahit meski dari rumaj saja. tapi tetap gunakan proses seleksi sebelum merekrut.

Tantangan yang lain adalah harus bisa promosi di dunia online.

Saat ini, ada banyak pebisnis online sehingga Anda harus promosi dengan cara yang menarik. Tentu saja tidak hanya posting foto produk, tidak mengajak orang lain untuk membeli, tapi dengan cara menarik, yaitu status yang bermanfaat. Bahkan. Pakai WA saja bisa maksimal promosinya.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com