Strategi Promosi Ketika Tidak Ada Budget Iklan

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru. Pasalnya, meski Anda mengelola bisnis dari rumah, tetap bisa melakukan 7 kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pebisnis besar. Selain itu, salah satu ujung tombak berbisnis adalah promosi. Bagi Anda yang tidak ada budget iklan, maka cukup lakukan optimasi Whats App (WA). Antara lain:

Yang pertama adalah maksimalkan fitur status WA.

Saat ini, banyak perilaku konsumen yang gemar membuka status WA. Tapi, hanya mereka yang menyimpan nomor Anda yang bisa melihat status WA Anda. Selain itu, hanya mereka yang menentukan apakah klik status WA Anda atau tidak. Maka, jadilah teman mereka agar mereka selalu penasaran dengan status WA Anda.

Yang kedua adalah broadcast (BC).

WA punya fitur yaitu BC. Tapi, pastikan jika Anda mengirimkan BC yang isinya bukan jualan, justru pilih konten yang bermanfaat bagi target market. Contohnya, target market Anda adalah ibu rumah tangga (IRT) yang suka menggunakan handsock, maka boleh kasih tips manajemen waktu, merawat handsock, dan lainnya.

Yang ketiga adalah aktif di grup WA.

Anda masuk di berapa grup WA? Pasti banyak. Biasanya buat kalangan IRT itu masuk di grup PKK, arisan, wali murid, alumni sekolah, dan masih banyak lagi. Maka, aktiflah di grup tersebut dengan sering menyapa anggota grup. Yang penting, mereka ingat dulu siapa Anda karena orang membeli akan melihat siapa penjualnya dulu.

Yang keempat adalah mengelola target market.

Bagaimana punya pelanggan yang loyal? Ya Anda bisa membuat komunitas yang berkumpul di grup WA. Tapi, Anda harus komitmen untuk menim berjualan di atas. Yang penting adalah Anda bisa sharing dan mereka nyaman di grup tersebut. Mereka juga tahu Anda jualan apa lewat status WA Anda, kan?

Yang kelima adalah terus mencari kontak baru.

Semua anggota di grup WA yang Anda masuki, sebaiknya Anda save nomornya. Bisa juga pilih-pilih yang tergolong target market saja. Tapi, meski tidak tergolong target market dan mereka bisa memberikan rekomendasi ke temannya. Jadi, bertemanlah sebanyak mungkin tanpa memandang apakah mereka target market atau tidak.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: