Strategi Persaingan Pemasaran Ketika Ada Penjiplakan Bisnis

Seperti di artikel yang berjudul Tanda-tanda Perusahaan yang Tidak Sehat dan Terancam Bangkrut, bahwa salah satu tandanya adalah penjiplakan bisnis dan Anda tidak menyadarinya.

Penjiplakan bisnis memang tidak bisa dihindari. Terlebih jika Anda membuat produk yang kemudian digemari banyak masyarakat, atau menawarkan jasa yang kini tengah dicari oleh khalayak luas. Maka, berikut ini yang dapat Anda lakukan.

Yang pertama adalah mengenali produk Anda dengan baik.

Baik itu seputar bahan yang digunakan agar terus berkualitas, bagaimana proses produksi yang tepat dan aman, hingga menjaga hasil produk yang memuaskan. Anda harus melalui riset dengan tepat karena data tersebut dapat dijadikan sebagai poin yang kelak dipertimbangkan.

Jika Anda bergerak di bidang jasa, maka dapat melakukan riset seputar fasilitas, kenyamanan konsumen, serta kecekatan dalam melakukan pelayanan. Coba Anda perhatikan apakah fasilitas yang diberikan sudah cukup atau tidak. Selain itu, bagaimana dengan pelayanan, apakah sudah bersikap ramah atau karyawan justru melakukan hal yang sebaliknya.

Tahap selanjutnya adalah mengenali apa yang unggul dari produk Anda.

Sebagai contoh, Anda memproduksi makanan ringan pedas, coba Anda perhatikan apa yang menjadi pembeda antara produk Anda dengan kompetitor. Entah itu bahan yang sehat, proses produksi yang sesuai prosedur, serta rasa yang bervariasi. Untuk itu, perlu fokus pada keunggulan produk Anda.

Begitu pula jika Anda bergerak di bidang jasa, Anda dapat membangun hal-hal yang menjadi keunggulan jika dibandingkan dengan jasa kompetitor. Contohnya, Anda bergerak di bidang jasa travel. Maka, Anda dapat menyediakan alat transportasi yang selalu nyaman dan bersih, atau memberikan diskon pada paket promo tertentu, dan masih banyak lagi.

Berikutnya, tentu membahas mengenai inovasi yang tiada hentinya.

Bisa jadi, konsumen berpaling ke kompetitor karena pihak yang melakukan penjiplakan bisnis memiliki inovasi. Untuk bidang bisnis jasa seputar perjalanan, Anda dapat membuka destinasi travelling yang baru, atau menyediakan paket ala backpacker, bisa juga paket unik untuk bulan madu, dan yang lainnya.

Sedangkan ketika bisnis Anda menghasilkan produk, maka dapat Anda dapat membuat rasa varian baru di makanan, atau membuat baju yang unik dan terbatas untuk produk pakaian, bisa juga menawarkan paket beli satu bonus satu, dan yang lainnya. Konsumen pastinya lebih suka mencoba hal yang baru dan berbeda.

Ketika Anda sudah melakukan riset, mengenali keunggulan, dan melakukan inovasi, maka berikutnya dapat membuat promosi secara menarik.

Baik itu promosi offline seperti mengikuti beberapa event yang dihadiri oleh banyak orang, menyebarkan brosur di tempat yang strategis, bekerja sama dengan acara yang masih satu bidang dengan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan promosi online. Dengan menggunakan website, blog, hingga akun jejaring sosial. Anda dapat membuat tulisan yang informatif, menarik, dan secara tidak langsung menggiring pembaca untuk menjadi konsumennya kelak. Terlebih promosi lewat online pun memiliki jangkauan pembaca yang jauh lebih luas.

Menjadi pebisnis terlihat banyak yang harus dilakukan. Agar Anda tidak bingung, maka bisa membuat manajemen waktu lalu dicatat di Daily Activities. Kemudian dipajang agar mudah dibaca sehingga Anda tahu apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu. Menyusun manajemen waktu di Daily Activities bisa menjadi alat manajemen waktu Anda agar lebih produktif dan efisien. Informasi mengenai superboard yaitu Daily Activities, bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi pebisnis yang belajar banyak hal?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: