Strategi Menghadapi Kompetitor di Bisnis Fashion

Apakah Anda sudah membaca artikel yang sebelumnya berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis? Artikel tersebut bisa membuat Anda melakukan antisipasi agar masalah bisnis tersebut tidak terjadi. Selain itu, Anda juga harus tahu cara menghadapi kompetitor. Misalnya, sama-sama jualan baju tapi pasti beda di beberapa bagian ini, agar bisa laris.

Yang pertama, beda di target pasar.

Saat ini, ada berapa banyak yang berjualan produk fashion? Antara lain gamis, tunik, blazer, dress, hingga aksesori seperti handsock dan yang lainnya. Tentu, jawabannya adalah banyak sekali hingga Anda tidak bisa menghitung jumlahnya. Tapi, tetap bisa laris, kan? Ya karena punya target pasar tersendiri.

Yang kedua, beda di produk.

Saat ini, juga ada berapa orang yang jualan gamis? Jawabannya ya sama-sama tidak bisa dihitung karena banyak sekali. Meski sama-sama jualan gamis, tapi pebisnis A jualan gamis yang bahan biasa, sedangkan pebisnis B jualan gamis dari bahan premium, sehingga hasil akhir gamisnya juga ikut berbeda.

Yang ketiga, value atau “nilai”.

Aad pebisnis yang memang tidak memikirkan “nilai” tapi yang penting jualan saja. Tapi, Ada juga pebisnsi yang sudah paham kalau harus punya “nilai” agar terlihat berbeda dengan kompetitor. Misalnya, Anda menjual gamis dalam bentuk paket, seperti gamis, jilbab, kaos kaki, hingga handsock. Sementara pebisnis lain hanya jualan gamis saja.

Yang keempat, promosi.

Meski produk yang dijual sama, misalnya sama-sama jualan gamis, tapi cara promosinya juga berbeda. Pasalnya, teknik promosi tentu harus disesuaikan dengan karakter target pasar. Misalnya, target pasarnya adalah remaja tentu berbeda dengan target pasarnya kalangan ibu. Maka, cara promosinya juga berbeda seperti di FB kalau buat kalangan ibu-ibu, dan di IG kalau buat remaja.

Yang kelima, action.

Meski sama-sama jualan produk fashion, ternyata setiap pebisnis punya action yang berbeda. Ada pebisnis yang masih asal promosi, ada juga pebisnis yang pakai teknik promosi terkini seperti heart selling, dan yang lainnya.

Nah, agar Anda mau action dalam melakukan promosi online, cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: