Strategi Menaikkan Omset yang Harus Dilakukan Pebisnis

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Diperhatikan oleh Pebisnis, maka kali ini adalah bagaimana pebisnis memperhatikan omsetnya. Sebagai pebisnis, tentu ingin terus meningkatkan angka penjualan produk atau penggunaan jasa, ‘kan? Atau Anda saat ini tengah mencari formula meraih kesuksesan bisnis? Tentu saja jawabannya adalah memiliki dan berhasil meraih target bisnis, karena target adalah salah satu alat penting meniti jalan sukses. Maka, silahkan coba beberapa langkah berikut ini:

Langkah pertama adalah menentukan target tahunan.

Target tersebut baiknya berupa angka keuntungan, atau angka penjualan produk, dan yang lainnya. Baru kemudian Anda membagi 12 sebagai target bulanan. Lalu, bagi 30 hari menjadi target harian yang menjadi acuan penilaian di setiap akhir bulan nantinya.

Selanjutnya, tulis target dengan ukuran yang mudah dibaca.

Ada baiknya pula ditulis di papan agar secara tidak sengaja secara mudah dilihat oleh Anda dan siapa saja. Jika orang lain tahu mengenai target tersebut, tentu kian memotivasi Anda untuk terus mengejar target.

Berikutnya, gali ilmu bisnis, khususnya soal promosi.

Untuk meraih target, sangat bergantung pada promosi yang Anda lakukan. Ada pentingnya juga Anda bergabung di kelas bisnis agar meraih pengetahuan mendalam soal dunia bisnis termasuk marketing. Dengan begitu, Anda jadi punya gambaran akan melakukan hal apa saja agar bisa meningkatkan omset.

Kemudian, dari ilmu yang dimiliki buat program bisnis.

Sudah punya bayangan apa saja yang harus dilakukan agar omset terus melesat, kan? Selanjutnya adalah catat program promosi apa yang akan Anda lakukan. Idealnya, Anda sekarang mencatat 30 program promosi yang akan dilakukan pada bulan depan. Jadi bulan depan, Anda fokus praktek sana dan memikirkan program bulan berikutnya.

Jangan lupa, catat tugas Anda setiap hari.

Sudah punya program bisnis, dari situ Anda bisa menentukan apa saja yang harus dilakukan setiap hari. Misalnya, setiap hari harus nulis status promosi di FB, cek order, mengirim order. Catat di Agenda Remaja Prestatif di bagian Tugas untuk Diri Sendiri agar selalu ingat.

Berikutnya, lakukan evaluasi setiap bulan dengan menjadikan target sebagai penilaian keberhasilan bisnis Anda.

Ada baiknya Anda membuat rencana menyenangkan diri sendiri bila target bulanan terpenuhi, begitu pula sebaliknya agar makin termotivasi meraih target. Dengan harapan, Anda menilai target bisnis bukan sekedar beban tapi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Untuk menunjukkan kesuksesan bisnis Anda, bisa menggunakan Agenda Remaja Prestatif yang menjadi sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Semangat mengejar omset, ya!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com