2

Strategi Memenangkan Persaingan Pasar Ketika Ada Penjiplakan Bisnis

Salah satu tanda bisnis Anda akan bangkrut, dan seperti yang ditulis di artikel sebelumnya yang berjudul Tanda-tanda Perusahaan yang Tidak Sehat dan Terancam Bangkrut, adalah pesaing bisnis meniru usaha Anda.

Sebenarnya, penjiplakan bisnis memang tidak bisa dihindari. Terlebih bila produk atau jasa Anda booming yang kemudian pasti akan diikuti oleh berbagai pebisnis lain. Namun, Anda jangan putus asa dahulu. Bagaimanapun juga, persaingan bisnis sehat harus terus dipegang. Anda juga masih dapat mencuri perhatian konsumen dengan cara-cara berikut ini.

Langkah pertama adalah bersikap tenang dengan hadirnya penjiplakan bisnis.

Tekankan dalam benak kalau siapapun memiliki hak untuk berbisnis dan memilih bidang usahanya. Terkadang, walau banyak yang melakukan penjiplakan bisnis, di mata masyarakat tetap Anda yang menjadi pelopor. Kenyataan itu tentu masih menjadi kelebihan bisnis Anda.

Selanjutnya adalah fokus pada ciri khas di produk atau jasa Anda.

Sebagai contoh, produk Anda adalah yogurt yang memiliki ciri tidak terlalu asam dan kemasannya mewakilili segmen anak gaul. Atau menawarkan jasa foto prewedding dengan konsep indoor dan elegan. Ciri khas tersebut akan menjadi identitas bisnis Anda sehingga tetap diingat oleh khalayak.

Jangan lupa, update ilmu bisnis Anda.

Dengan ada ilmu, Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk bisa bersaing sehat dalam berbisnis. Anda bisa memilih belajar lewat buku, e-book, membaca artikel online seputar bisnis, mengikuti training onlina atau offline, menghadiri seminar, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan puas hanya dengan ilmu yang sudah ada, ya.

Terus melakukan inovasi secara berkala.

Pada dasarnya, konsumen akan bosan ketika produk atau jasa Anda monoton dari waktu ke waktu. Parahnya, bisa berpaling ke bisnis pesaing. Tentu Anda tidak ingin kelak kehilangan pelanggan. Maka dibutuhkan terus belajar dan melakukan gebrakan baru agar selalu berhasil mencuri perhatian konsumen.

Agar terus bisa melakukan inovasi, apalagi sekarang sudah menjelang akhir tahun 2017, maka Anda harus segera membuat program harian di tahun 2018. Mengapa harus sekarang? Agar di tahun berikutnya, Anda cukup mengerjakan apa yang sudah dibuat, jadi tidak perlu pusing mencari inovasi. Walaupun pada kenyataannya, mungkin para prakteknya tidak bisa 100% sesuai rencana Anda. Tapi, setidaknya dengan membuat program saat ini akan memudahkan bisnis Anda ke depannya.

Anda bisa menggunakan Amazing Giant Calendar untuk menyimpan program harian yang sudah Anda susun.

Amazing Giant Calendar sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi pebisnis yang siap berinovasi di tahun 2018? Petakan semua program harian Anda di Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com