Strategi Memasarkan Produk Buku

Anda seorang penulis, dan ingin menerbitkan buku sebagai bukti eksitensi Anda? Saat ini hal tersebut tidaklah sulit. Begitu banyak penerbit yang membutuhkan naskah, banyak agensi naskah yang bersedia menampung naskah Anda untuk disalurkan ke penerbit yang sesuai, atau Anda bahkan bisa melakukan self-publishing, dengan mencetak sendiri buku yang Anda tulis. Lalu setelah buku tersebut jadi, apakah tugas Anda berhenti? Tidak! Agar buku Anda dikenal orang, Anda harus memperkenalkan buku tersebut kepada calon pembeli. Berikut ini adalah kiat-kiat memasarkan buku Anda.

Banyak orang yang mengatakan bahwa setiap buku memiliki nasibnya masing-masing. Namun sama halnya dengan manusia yang punya andil dalam menentukan nasibnya, penulis juga memiliki andil yang tidak sedikit dalam menentukan nasib bukunya. Buku Anda tidak akan dikenal, jika Anda tidak melakukan upaya memperkenalkan dan memasarkan buku tersebut.

Salah satu cara bagaimana memasarkan buku yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak memakan biaya adalah dengan membuat artikel promosi buku di dunia maya. Artikel promosi ini bisa dipasang pada media sosial seperti Facebok, Twitter, atau Path. Cara lain adalah dengan menulis resensi di blog, atau mengirimkannya ke media cetak yang menerima resensi buku. Anda juga bisa memasang foto cover buku Anda sebagai foto profil dalam setiap media sosial atau aplikasi chatting yang Anda gunakan, sehingga foto cover buku Anda dapat dilihat oleh teman-teman Anda.

Anda juga bisa memasarkan buku melalui event-event yang terkait dengan buku atau topik terkait di dalamnya. Misalnya dengan membuat event peluncuran buku, bedah buku, atau pelatihan dan seminar sesuai dengan topik buku. Bersamaan dengan event tersebut, Anda bisa sekalian membuka stand penjualan buku. Cara lainnya adalah dengan membuat kuis, lomba, atau giveaway, dengan hadiah berupa buku yang sedang Anda promosikan.

Jika Anda bergabung dalam beberapa komunitas penulis dan penggemar buku, hal ini bisa dijadikan cara efektif untuk memasarkan buku. Anggota komunitas penulis dan penggemar buku biasanya memiliki ikatan emosional yang erat satu sama lain, sehingga mereka dapat membantu meningkatkan penjualan buku Anda. Tak hanya meningkatkan penjualan, anggota komunitas penulis dan penggemar buku juga bisa memberikan rekomendasi jaringan yang biasa digunakan untuk memasarkan buku, agar pemasaran buku Anda bisa lebih efektif.

Anda juga bisa mengirimkan naskah kepada kami agar bisa β€œbertemu” dengan penerbit, atau mendalami ilmu menulis dahulu lewat training menulis. Informasi produk dan training Indscript DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.