Strategi Bisnis dengan Membuat Perencanaan

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, menjadi pebisnis artinya harus menjadi orang yang haus ilmu, agar semakin berkembang pula bisnisnya. Maka, kami bocorkan satu ilmu bisnis, khususnya seputar merencanakan bisnis.

Anda ingin berbisnis tetapi bingung harus menyiapkan apa saja?

Atau baru berbisnis tapi tidak tahu mengarahkan usahanya?

Coba lakukan enam perencanaa di bawah ini.

Satu, membuat perencanaan keuangan.

Sebelum berbisnis, Anda dapat memetakan soal jumlah modal, biaya produksi, target keuntungan yang ingin diraih, dan yang lain sebagai gambaran kasar keuangan bisnis.

Dua, menentukan harga produk atau jasa Anda dengan tepat.

Anda dapat melihat harga yang ditawarkan kompetitor, atau kisaran harga yang ada di pasaran, bisa juga sesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan.

Tiga, memperhitungkan berapa biaya produksi

Ini bagi yang bisnisnya menjual barang, atau untuk bisnis bidang jasa bisa masukkan biaya pelatihan.

Empat, memperkirakan kendala yang mungkin bisa dihadapi serta bagaimana solusinya.

Anda dapat mempelajarinya lewat membaca buku, browsing, atau cerita dari pebisnis lainnya.

Lima, biaya promosi.

Antara lain promosi offline dengan membuat brosur, banner, spanduk, dan lainnya. Bisa juga memasukkan biaya promo online seperti modem, gadget, dan lain-lain. Paling terjangkau memang promosi di media sosial, seperti di facebook.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com