Strategi Bisnis agar Tidak Bangkrut

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, Anda tentu tidak ingin bisnis yang susah payah dibangun sekian lama, kelak justru berakhir bangkrut. Untuk itu, sebagai pebisnis wajb mengenali tanda-tanda menuju ke jurang kebangkrutan. Setidaknya kondisi di bawah ini yang harus Anda waspadai.

Satu, saat keuntungan terus-menerus menurun.

Seberapa besar atau kecil bisnis yang Anda jalani, wajib memiliki laporan keuangan agar jelas jumlah keuntungan atau justru kerugian. Jika angka kerugian yang terus didapat, itu artinya harus lekas menemukan formula agar target bisnis diraih kembali.

Dua, kebangkrutan bisnis bisa disebabkan oleh laporan keuangan yang berantakan.

Telebih jika Anda merasa belum memiliki bisnis yang besar, maka masih menyampurkan kas pribadi dengan bisnis. Hal tersebut justru dapat memicu kebangkrutan di masa mendatang. Mulai detik ini, pisahkan uang usaha dengan milik pribadi.

Tiga, jika Anda memiliki karyawan tetapi tidak produktif, juga dapat memicu kebangkrutan.

Sebagai pemimpin, Anda juga harus memahami sejauh mana kinerja sumber daya manusianya. Solusinya bisa mengajak karyawan berbicara empat mata, atau mengajak tim berlibur bersama untuk meningkatkan keakraban, dan lainnya.

Empat, bangkrut bisa disebabkan oleh tiada inovasi sehingga pelanggan beralih ke kompetitor.

Ada baiknya Anda melakukan inovasi produk, atau memberikan paket promo pada event tertentu, dan lainnya.

Untuk menghindari kebangkrutan sebaiknya maksimalkan promosi sebagai ujung tombak berbisnis. Salah satunya bisa promosi lewat WA saja, karena banyak diakses konsumen juga.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com