Strategi Ampuh agar Dagangan Laris lewat Berkenalan dengan Konsumen

Sebelumnya, pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan. Pasalnya, agar terbentuk pola pikir kalau semua bisnis pasti bisa sukses asal tahu ilmunya dan konsisten bergerak serta menikmati proses. Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah cari informasi berikut ini dari konsumen.

Satu, kenali apa yang mereka butuhkan.

Setiap orang itu pasti mau tidak mau harus membeli sebuah barang atau menggunakan jasa seseorang, karena membutuhkan hal tersebut. Kebutuhan tersebut tidak selalu yang primer, seperti makanan. Contohnya, konsumen akan mencari sabun yang wanginya segar karena perlu mandi dua kali setiap hari dan beraktivitas di luar ruangan.

Dua, kenali apa yang mereka inginkan.

Selain kebutuhan, seseorang akan membeli produk atau menggunakan jasa karena memang ingin. Contohnya, kalau barang yang dibutuhkan adalah makanan, tapi konsumen bisa berkembang, yaitu ingin makanan dari daging, atau ingin makan tapi di tempat yang nyaman. Jadi, kenali apa sih yang diinginkan oleh target market Anda.

Tiga, kenali apa yang dapat dibantu oleh Anda.

Coba cek, apalagi yang bisa Anda bantu untuk target marketnya? Misalnya, target market ingin handsock yang nyaman. Tapi, di Indblack itu membuat pembeli tidak hanya bisa menggunakan handsock, tapi mereka sekaligus bisa berdonasi kepada perempuan lagi. Jadi, Indblack secara tidak langsung memberi kemudahan target market memiliki handsock sekaligus berdonasi.

Empat, kenali apa yang beda dari Anda dibandingkan dengan competitor.

Untuk itu, setiap bisnis, baik yang menjual produk atau menawarkan jasa, harus punya “nilai lebih” yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Pasalnya, konsumen akan kembali membeli kepada Anda, bukan ke kompetitor.

Contohnya di Indscript, punya banyak produk modul untuk memudahkan IRT yang berbisnis. Antara lain dreamboard yang memudahkan emak pebisnis memetakan rencana agar bisa meraih impiannya sebagai pebisnis, atau Daily Activity sehingga IRT punya manajemen waktu jadi aktivitas rumah tangga berjalan lancar dan bisnis juga baik-baik saja. Modul tersebut yang membuat IRT mau membeli di Indscript lagi karena hanya punya “nilai lebih” di mata IRT yang berbisnis.

Maka, jangan pernah menunggu konsumen memberikan respon terhadap bisnis Anda. Tapi Anda harus menjangkau konsumen, lalu ambil tindakan dari hasil riset tersebut, kemudian wujudkan. Ada juga istilah yaitu “know how, act now, creat wow”.

Nah, Dreamboard sendiri adalah salah satu Superboard dari Indscript. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: