Strategi Ampuh agar Dagangan Laku Meski dari Rumah

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena agar Anda yakin kalau siapa saja bisa sukses berbisnis asal mau melalui prosesnya. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah kenali cara agar bisa mengetahui keinginan konsumen, sehingga mereka mau repeat order. Caranya adalah:

Satu, melihat cara konsumen memberikan respon.

Hal ini lebih banyak bisa dilakukan ketika berjualan offline. Misalnya, di toko Anda bisa memperhatikan di mana para konsumen berdiri lama untuk memilih produk. Bisa jadi, konsumen baru tahu produk yang menarik tersebut sehingga mau memeriksa produknya lebih lama. Untuk online, memang harus melihat chat seputar produk mana yang responnya sangat positif.

Dua, mendengarkan apa yang dikatakan atau yang ditulis oleh konsumen.

Anda berbisnis online dan mendapatkan komplain? Nah, Anda bisa seolah “mendengar” kata-kata konsumen. Anda bisa jadikan komplain tersebut sebagai bahan evaluasi agar bisa melakukan perbaikan dan nantinya konsumen tidak pergi tapi justru melakukan repeat order. Bahkan, bisa juga konsumen yang awalnya kecewa jadi memberikan rekomendasi kepada temannya karena ada perubahan.

Tiga, “meraba”.

Bagaimana caranya “meraba” apa yang diinginkan oleh konsumen? Maka, Anda harus berpikir seolah-olah berada di posisi konsumen, lalu tanyakan, “Kira-kira produk seperti apa, atau inovasi apa lagi yang menarik bagi saya dan mau repeat order.” Pasalnya, inovasi adalah hal penting yang membuat konsumen mau datang membeli lagi.

Empat, menghirup.

Jika Anda berjualan produk kuliner, maka sesekali menghirup aromanya. Apakah sudah cukup menggugah selera? Jika belum, apa penyebabnya dan bagaimana caranya agar Anda dapat membuat aroma kuliner yang membuat calon konsumen penasaran. Untuk produk fashion, juga bisa menghirup kainnya, agar tahu kain seperti apa yang dicari oleh konsumen.

Lima, mengecap.

Tentu, hal ini bisa dilakukan bagi Anda yang berbisnis kuliner karen harus mencoba rasanya apakah cocok di lidah target market atau tidak. Anda bisa memberikan tester lalu meminta mereka untuk menyampaikan pendapat, baik pendapat yang positif hingga negatif sebagai bahan evaluasi.

Namun, bagi Anda yang akan mengeluarkan produk baru atau bahkan bisnis baru, maka salah satu cara agar ketika produk laris berada di pasaran adalah, membuat launching yang tepat. Bahkan, Anda bisa melakukan launching secara online dengan membuka Launching Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: