1

Inilah 5 Strategi Konten Mematikan untuk Meningkatkan Penjualan di Sosial Media

Media sosial sudah menjadi bagian dari masyarakat. Khalayak pun mencari dan mendapatkan informasi melalui akun jejaring sosial. Maka, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menggunakan media sosial untuk berbisnis. Namun, sebagai pebisnis juga dituntut paham soal pemilihan kata tepat untuk mengisi konten media sosialnya.

Satu, sapalah (calon) konsumen agar terjaring hubungan hangat.

Keuntungan berkomunikasi lewat media sosial adalah bersifat dua arah. Calon konsumen atau pelanggan Anda yang berada di berbagai domisili tempat, dapat bertanya terlebih dahulu mengenai produk atau jasa. Ada baiknya sesekali menyapa friendlists atau followers sehingga mendapatkan respon. Tujuannya untuk tahu sejauh mana kehadiran bisnis Anda apakah diperhatikan di dunia maya.

Dua, Anda harus bersikap interaktif.

Usahakan meluangkan waktu untuk membaca akun media sosial dan menjawab beberapa pertanyaan. Entah itu seputar produk atau jasa Anda, maupun mengenai curhat bisnis secara umum dari friendlists atau followers. Respon Anda akan sangat berarti baik itu bagi pelanggan, calon konsumen, hingga calon partner bisnis.

Tiga, berbagi tips.

Selain itu, pada kesempatan tertentu dapat membuat kuliah tweet atau status facebook yang lebih panjang mengenai tips bisnis berdasarkan pengalaman Anda. Akun media sosial yang memberikan dampak positif bagi jumlah friendlists atau followers Anda. Usahakan pilih tema tips bisnis yang sering dialami oleh kalangan pelaku usaha, dan menggunakan bahasa sehari-hari agar mudah dipahami oleh berbagai kalangan.

Empat, selipkan info promosi produk atau jasa.

Sesekali, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai wadah promosi produk atau jasa yang ditawarkan. Gunakan kalimat yang tidak secara terang-terang meminta pembaca untuk menjadi pembeli atau hardselling. Ceritakan apa keunggulan produk atau jasa Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor, sehingga lebih meyakinkan calon konsumen.

Lima, sertakan info pendukung.

Contohnya, Anda dapat mengunggah foto atau video mengenai aktivitas Anda sebagai pebisnis. Jangan lupa, sertakan caption yang informatif. Dengan harapan kian menarik perhatian friendlists atau followers agar dapat mengetahui kegiatan positif Anda dalam proses menjadi pebisnis seutuhnya. Bisa jadi, juga memberikan inspirasi bagi teman di dunia maya agar mengikuti jejak.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com