Selamatkan Perusahaan yang Terancam Bangkrut dengan Cara Ini

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Berbisnis yang Sukses bagi Pemula, memang sekarang mudah memulai berbisnis. Namun, semakin mudah juga menuju bangkrut. Tetapi, Anda tentu tidak ingin melepaskan bisnis begitu saja, terlebih bila bisnis tersebut sudah dirintis sekian lama dari nol. Maka, segera lakukan enam hal berikut ini.

Satu, melakukan evaluasi pada diri sendiri sebagai pemilik bisnis.

Hal pertama adalah tanyakan kepada diri Anda sendiri. Apakah Anda sedang tidak bersemangat berbisnis? Apakah Anda tidak pernah mendorong anak buah agar lebih produktif? Apakah produk atau jasanya memang tidak disukai oleh konsumen? Coba tanyakan kepada diri Anda sendiri terlebih dahulu mengapa sampai bisnisnya kian merosot.

Dua, melakukan evaluasi terhadap bisnisnya.

Baik itu dari segi perencanaan, pengendalian keuangan, membuat sistem internal yang kokoh, kendala mengenali bisnis yang kerap dihadapi, penentuan harga produk atau jasa, marketing, dan faktor yang lainnya. Buat daftar kelemahan bisnis Anda di berbagai sisi, baik keuangan, kinerja, harga, dan lainnya, untuk mencari solusi yang tepat.

Tiga, evaluasi pula terhadap karyawan yang kurang produktif.

Untuk hal ini, Anda dapat mengajak komunikasi empat mata mengapa kinerjanya menurun. Bisa jadi kurang motivasi atau kurang memiliki pengetahuan. Maka, Anda dapat mengajaknya ke seminar motivasi atau membelikan tiket untuk pelatihan di bidangnya. Selain itu, coba ajak karyawan berlibur untuk mengembalikan pikiran yang penat.

Empat, konsultasi kepada mentor.

Beberapa pebisnis yang sudah punya banyak pengalaman juga menawarkan menjadi mentor bisnis. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk konsultasi mengenai masalah bisnis. Ceritakan semua masalah yang tengah Anda alami tanpa ditutupi satu hal pun sehingga mentor dapat memberikan solusi yang terpat.

Lima, mencatat pengalaman yang membahagiakan.

Walau Anda tengah kalut karena bisnis terancam bangkrut, tapi tetap usahakan bahagia. Caranya, setiap hari, temukan satu hal yang membuat Anda bersyukur. Misalnya, kemarin tidak laku sama sekali dan sekarang bisa terjual 1 pcs. Walau terlihat kecil, tapi catat sebagai hal yang membahagiakan. Dengan begitu, mempengaruhi mood Anda untuk senang selalu.

Enam, mencatat keburukan juga.

Anda sudah menemukan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dan secara tidak langsung membuat bisnis bangkrut, maka catat kesalahan tersebut agar Anda tidak mengulanginya lagi.

Untuk mencatat, bisa menggunakan Agenda Remaja Prestatif. Didesain khusus agar Anda setiap hari mencatat tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini, rasa sedih hari ini, keburukanku, kebaikanku, dan kata mutiara. Agenda Remaja Prestatif dapat digunakan oleh siapa saja hingga bisa menjadi kado unik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Jadi, jangan biarkan bisnis Anda bangkrut, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com