Selain Biodata Narasumber Wawancara, Anda Harus Tahu Ini untuk Menulis Biografi

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Membuat Biografi, maka artikel ini lebih fokus bagaimana menghadapi narasumber saat penulisan buku biografi.

Ketika Anda memiliki rencana akan membuat proyek penulisan buku biografi, diperlukan pertimbangan beberapa hal penting. Salah satunya adalah memilih narasumber yang profilnya diangkat dalam buku. Tentu saja narasumber harus berkompeten. Walaupu begitu, narasumber tidak harus dari kalangan populer tetapi memiliki beberapa poin berikut ini.

Satu, narasumber adalah sosok yang inspiratif.

Buku biografi akan mengangkat hal apa saja yang membuat pembaca merasa terinspirasi setelah membaca. Dengan harapan, pembaca akan mengikuti jejak positif yang sudah dilakukan oleh narasumber. Pastikan alasan utama Anda memilih narasumber tersebut karena memiliki hal yang menarik dan patut diketahui oleh banyak orang.

Dua, narasumbernya adalah sosok yang sudah sukses atau sudah memberi bermanfaat bagi masyarakat hingga negara.

Sebagai contoh, dapat memilih narasumber dari kalangan pebisnis beromzet milyaran, pengusaha sosial yang berhasil menggerakkan perempuan di sekitar perusahaan agar produktif, anak muda yang sudah mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional, dan masih banyak lagi.

Tiga, pilihlah narasumber yang bersikap kooperatif.

Dalam proses mencari data buku biografi, Anda harus meminta waktu kepada narasumber untuk sesi wawancara. Sesekali Anda juga akan mengikuti aktivitas narasumber secara langsung agar lebih dalam menggali data. Maka, diperlukan narasumber yang bersedia sejak awal siap meluangkan waktu dan mau diikuti oleh penulis.

Empat, kenali apa yang unik.

Menjadi narasumber buku biografi tidak harus orang yang sudah mendapatkan banyak penghargaan, tidak harus orang yang populer, tidak harus orang yang beromset besar. Intinya, ada satu hal unik yang wajib ditulis dan diketahui oleh banyak orang. Hal unik tersebut jadi keunggulan naskah Anda.

Anda masih bingung akan memilih narasumber buku biografi, dapat melihat contoh buku yang sudah terbit di toko buku. Umumnya, buku biografi mengangkat profil dari pejabat dengan kisah konstribusinya kepada negara, pebisnis yang terbukti sukses, penulis yang memiliki karakter unik, motivator yang ternama, anak muda yang berpestasi, dan yang inspiratif.

Untuk mendukung penulisan Anda menghasilkan buku biografi, segeralah membuat rencana harian lalu catat di Amazing Giant Calendar. Sebagai contoh: tanggal 1 januari adalah memutuskan akan memilih narasumber siapa, lalu 2-5 januari adalah riset narasumber, 6 januari adalah menghubungi narasumber, dan seterusnya hingga penulisan usai.

Amazing Giant Calendar sahabat bagi siapa saja yang ingin sukses, dengan memetakan rencana harian lewat kalender besar. Bisa untuk (calon) penulis, pebisnis, dan profesi apa saja. Terlebih mudah dihapus dan bisa dipajang sehingga memudahkan Anda cukup membeli satu kali untuk digunakan selama satu tahun. Informasi dan pemesanan, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis biografi yang produktif di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com