Sebelum Tahu Cara Menerbitkan Buku

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena tips tersebut juga bisa Anda lakukan di rumah dan berdampak positif agar bisa produktif menulis dari rumah juga. Selain itu, bagi Anda yang ingin menulis buku untuk pertama kalinya, bisa melakukan hal ini terlebih dahulu:

Yang pertama adalah belajar menulis di Ms. Word.

Anda bisa menulis apa saja di Ms. Word atau software sejenis maupun aplikasi yang sama. Kenapa harus di situ? Mungkin ada yang masih merasa malu menunjukkan hasil tulisannya. Yang penting Anda menulis apa saja di situ karena tujuannya adalah membuat Anda konsisten menulis.

Yang kedua adalah belajar menulis di status.

Saat ini ada status FB, status WA, dan lainnya yang bisa menjadi wadah Anda belajar menulis. Anda bisa menulis apa saja, seperti cerita kegiatan hari ini itu apa saja, atau bertemu dengan siapa saja dan bahan apa, hingga kasih pendapat tentang hal viral.

Yang ketiga adalah belajar menulis di blog.

Banyak (calon) penulis yang aktif mengisi blog karena mereka memang suka menulis dan bisa dibaca oleh banyak orang. Terkadang, memang akan ada komentar negatif dan Anda jangan terlalu baper. Teruslah menulis selama hal itu positif kok, seperti tidak menjelekkan atau merugikan pihak lain.

Yang keempat adalah belajar menulis dengan kirim saja naskahnya.

Silahkan Anda kirim naskahnya, bisa ke penerbit atau ke media, atau ke mana saja. Toh tidak ada yang tahu, selain Anda sendiri dan editor tersebut. Pastinya editor juga tidak akan info ke masyarakat kalau tulisan Anda ditolak atau diterima kan?

Yang kelima adalah belajar menulis โ€œnaskah panjangโ€.

Anda bisa kok menulis buku sekutar 120 halaman. Caranya? Setiap hari konsisten menulis 1 halaman saja, maka selama 4 bulan naskah panjang pertama Anda telah selesai. Jadi penulis memang harus berproses kok, termasuk proses menulis yang membutuhkan waktu.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.