“Saya Cocoknya Menulis Tentang Apa?”

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, buat Anda yang mencari ide akan menulis tentang apa, maka segera pahami cocoknya menulis genre apa, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Saat ini, banyak genre buku yang hadir tapi membuat calon penulis, termasuk Anda, menjadi bingung memilih. Apakah Anda tepat menulis novel romance? Bisa juga justru genre nonfiksi motivasi? Atau apa?

Untuk itu, sebelum memutuskan akan menulis buku apa, dapat melakukan tips praktis di bawah ini.

Satu, perhatikan genre buku bacaan apa saja yang disukai, kemudian coba memilih menulis genre tersebut.

Misalnya, Anda lebih menikmati membaca buku misteri daripada romance, maka kemungkinan besar Anda cocok menjadi penulis buku misteri. Pasalnya, apapun yang Anda baca akan banyak memberi pengaruh terhadap hasil tulisannya.

Dua, menulis semua genre lalu mengirimkan ke media, selanjutnya perhatikan naskah genre apa saja yang sering muncul ke media.

Sebagai contoh, Anda menulis dan mengirimkan naskah anak ke majalah A, naskah pengalaman inspiratif ke tabloid B, dan mengirimkan resensi ke surat kabar B. Ternyata tulisan Anda justru sering muncul di majalah A. Itu artinya, Anda punya potensi besar menulis buku anak.

Tiga, menulis berbagai genre di blog pribadi lalu minta komentar dari penulis lain.

Perhatikan pula tulisan genre apa saja yang lebih menarik perhatian pengunjung sebagai salah satu patokan Anda memilih genre.

Walaupun begitu, tidak ada batasan Anda harus memilih menulis satu genre buku saja. Anda dapat menulis genre apa saja sesuai hati. Dari pada bingung, mending MENULIS SEKARANG JUGA. Nanti perlahan-lahan akan tahu potensinya di genre buku yang mana.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com