Salah Satu Pekerjaan Penulis adalah Hindari Writer’s Block

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena tips tersebut bisa Anda lakukan di dalam rumah dan jika konsisten maka Anda bisa produktif sebagai penulis. Selain itu, jika menjadi penulis maka Anda jangan tergantung kepada mood. Lalu bagaimana agar mood menulis itu bisa ada terus?

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah lakukan apa aja yang bisa mengembalikan mood.

Sebenarnya, Anda sendiri yang tahu bagaimana mengembalikan mood, karena setiap orang itu berbeda-beda. Intinya, lakukan hal yang membuat Anda semangat, yang bisa menghilangkan kejenuhan, hingga sebaiknya yang mudah dilakukan dari rumah juga jadi tidak harus keluar rumah.

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah bisa menyiapkan minuman yang membuat otak Anda segar kembali.

Bagia sebagian orang, ada beberapa minuman yang bisa mengembalikan mood lagi. Misalnya, ada yang menulis dengan segelas kopi agar lebih lancar, ada yang harus me time setiap sore selama setengah jam dengan minuman teh atau green tea yang katanya bisa menenangkan.

Hal ketiga yang bisa Anda lakukan adalah membaca buku.

Dengan membaca buku, bisa menambah wawasan Anda sehingga Anda tahu harus menulis apa lagi dan ingin segera menuangkannya. Selain itu, bisa menambah semangat Anda karena ingin seperti penulis buku tersebut, yaitu tulisannya bisa diterbitkan dan dibaca banyak orang.

Hal keempat yang bisa Anda lakukan adalah menonton film.

Ada banyak pilihan sekarang, yaitu menonton film, baik yang hanya 2 jam atau yang berupa serial. Baik itu serial lokal, drama Korea, film Hollywood, dan yang lainnya. Tujuannya adalah menambah wawasan atau sekedar mencari hiburan juga bisa. Intinya biar bisa fresh kembali.

Hal kelima yang bisa Anda lakukan adalah mengobrol dengan teman.

Terkadang, sekedar mengobrol itu bisa menjadi ajang hiburan. Bisa juga, dari obrolan tersebut menambah wawasan Anda sehingga bisa semangat untuk menulis lagi. Tidak harus bertemu dengan teman langsung juga, tapi lewat chatting juga bisa, seperti Anda ceritakan kalau nggak mood agar teman bisa kasih semangat.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

 

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.