Salah Satu Cara Menjadi Penulis Buku dengan Selalu Mood

Sebelumya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena sebagai ibu rumah tangga (IRT) dan ingin produktif dan berpenghasilan dari berbisnis atau menulis, harus konsisten terhadap manajemen. Selain itu, bagi Anda yang ingin menjadi penulis harus tidak tergantung kepada mood.

Yang pertama adalah, ingat apa tujuan Anda menulis?

Mengapa Anda memilih menjadi penulis? Misalnya, dengan bekerja sebagai penulis maka penghasilannya untuk menabung umroh. Nah, ingat hal itu akan membuat Anda semangat menulis lagi.

Yang kedua adalah, punya dan patuhi jadwal menulis

Anda harus punya jadwal menulis pasti setiap harinya. Misalnya, hanya sempat jam 4 pagi selama 30 menit, nggak apa-apa. Selanjutnya, konsisten menulis di jam tersebut.

Yang ketiga adalah, ingat target menulis

Jadi penulis profesional harus punya target menulis. Berapa? Satu hari satu halaman? Oke aja asal patuhi ya

Yang keempat adalah, siapkan reward

Reward itu dari diri sendiri dan buat diri sendiri. Contoh: boleh jajan es krim kalo target harian terpenuhi selama seminggu. Apapun yang bikin Anda semangat menulis lagi.

Yang kelima adalah, pilih punishment yang memotivasi

Gitu juga cari punishment yang pas. Misal: bayar 10 ribu ke suami jika target menulis harian meleset. Ah, duit 10ribu tetep sayang banget, kan, hehe

Yang keenam adalah, baca buku untuk cari inspirasi

Coba deh, baca buku yang se-genre dengan naskah Anda. Bisa jadi, Anda langsung dapat inspirasi lalu menulis.

Yang ketujuh adalah, istirahatlah

Jangan paksakan diri sendiri. Lakukan jalan-jalan ke mal, nyalon, apapun yang bikin pikiran fresh lagi.

Yang delapan adalah, minta dukungan orang sekitar

Tujuannya, agar kasih motivasi kalo Anda harus terus menulis. Terkadang, kita butuh suntikan semangat dari orang terdekat kan?

Yang sembilan adalah, lihat hasil karya penulis lain

Hal itu bisa mendorong Anda untuk bisa mengikuti jejak mereka, lho. Jadikan hal itu sebagai motivasi, ya.

Yang sepuluh adalah, sharing di komunitas

Bisa juga, Anda sharing di komunitas. Siapa tahu , teman di komunitas tersebut kasih solusi.

Yang sebelas adalah, nggak ada alasan

Harus menulis. Paksa menulis. Nggak peduli hasilnya bagus atau jelek. Dengan memaksa menulis, bisa membuat Anda terbiasa menulis. Jadi, nggak ada tuh yang namanya stuck menulis. Maka, jangan biasakan menulis menunggu mood. Nggak boleh nulis mepet deadline. Tulisan yang dibuat singkat tentu hasilnya berbeda dengan tulisan yang dibuat beberapa waktu. Maka, paksa nulis setiap hari ya.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.