Proses Komunikasi Bisnis dalam Rapat

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis? Pasalnya, salah satu rahasia sukses berbisnis adalah diawali dengan memiliki manajemen waktu. Selain itu, Anda juga harus mengetahui pola komunikasi ketika melakukan rapat. Perlu diketahui, Anda harus melakukan rapat setiap hari dengan ketentuan sebagai berikut:

Yang pertama, tidak ada perbedaan antara atasan dan bawahan.

Jadi, meski Anda adalah pemimpin bisnis tetap memosisikan sebagai anggota tim yang sama-sama ingin memajukan bisnisnya. Hal ini bisa membuat tim Anda akan santai tapi tetap bisa serius dalam mengikuti rapat, dan kondisi santai bisa melahirkan ide-ide kreatif yang kelak akan bermanfaat positif bagi bisnsi Anda juga.

Yang kedua, pertemuan harian penting.

Iya, setiap hari harus bertemu. Usahakan hal ini berlangsung secara tatap muka. Tetapi jika tidak bisa, misalnya tim Anda bekerja secara online, maka bisa melakukan rapat lewat online. Toh, sekarang banyak tools atau alat yang memudahkan beberapa orang bisa melakukan komunikasi bersama-sama meski jaraknya jauh.

Yang ketiga, pertemuan dihadiri semua orang.

Ini penting, agar semua orang tahu bagaimana perkembangan bisnisnya saat ini. Dengan begitu, mereka bisa lebih maksimal memberikan kontribusi ketika rapat berlangsung. Maka, cari waktu yang sekiranya bisa dihadiri oleh semua orang. Ini berlaku untuk tim inti, ya. Kalau tim sales mungkin banyak jadi agak susah semua orang bisa online bersamaan.

Yang keempat, pertemuan singkat saja seperti 15 menit.

Meski Anda harus mengadakan rapat setiap hari, tapi berlangsung secara singkat asal isinya efektif dan efisien. Misalnya, Anda sudah bilang ke tim kalau besok rapat mengenai inovasi promosi, maka tim bisa mencari ide terlebih dahulu dan ketika rapat tinggal disampaikan saja.

Yang kelima, setiap orang harus berbicara.

Terkadang, punya tim yang karakternya introvert, sehingga sebenarnya ia punya ide kreatif tapi tidak percaya diri untuk mengatakannya. Maka, Anda bisa memberi kewajiban kalau setiap orang harus bersuara di rapat tersebut.

Pola mengadakan rapat ini memang baik dilakukan oleh bisnis apa saja. Termasuk bagi yang berbisnis jaringan. Khusus bagi yang berbisnis jaringan atau MLM, tentu punya tugas menawarkan produk sekaligus masuk ke dalam jaringannya. Untuk memudahkan Anda, cukup buka MLM’ers Success Board lalu isi sesuai instruksi sehingga tahu bagaimana melesatkan bisnis MLM-nya. Di dalamnya ada beberapa 10 hal yang harus dipersiapkan bagi pebisnis MLM, mulai dari identifikasi hingga evaluasi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: