Profesi Apapun Perlu Bergaul

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Bisnis Sukses yang Jarang Diketahui, maka artikel ini akan memberikan tips selanjutnya. Tahukah apapun profesi Anda, bergaul adalah hal yang mutlak demi perkembangan potensi diri sendiri. Baik itu Anda seorang staf IT yang sering berhadapan dengan komputer, hingga bekerja di bagian marketing yang wajib bertemu banyak orang. Bergaul dengan orang dari berbagai latar belakang dapat meningkatkan branding Anda. Lalu, apa keuntungan dari bergaul?

Tentu saja Anda akan mendapatkan ilmu.

Sebagai contoh, Anda adalah akuntan yang sepanjang hari sering berhadapan dengan laptop, coba luangkan waktu untuk datang ke komunitas akuntan untuk mendapatkan pengetahuan tambahan agar kemampuan Anda kian berkembang.

Selain itu, dengan bergaul membuat Anda akan dapat banyak pengalaman dari orang lain sebagai pelajaran.

Misalnya, Anda bekerja di dunia pengembangan sumber daya manusia, baiknya sesekali bergaul dengan HRD dari perusahaan lain. Bisa jadi, lewat ngobrol santai tersebut, Anda mendapatkan teknik baru bagaimana merekrut karyawan secara tepat.

Begitu pula dengan bergaul membuka kerja sama di esok hari.

Dalam bergaul, tentu tidak mewajibkan Anda hanya bertemu dengan orang yang bekerja di bidang yang sama. Sebagai contoh, Anda adalah staf keuangan di sebuah perusahaan, lalu berteman dengan seseorang yang bergerak di bidang bisnis, berdasarkan salah satu pengalaman Anda yaitu mengurus pajak, maka dapat bekerja sama dengan pebisnis tersebut sebagai konsultan pajak perusahaannya.

Bergaul juga dapat menambah popularitas Anda sehingga personal branding Anda kian dikenal banyak orang.

Sebagai contoh, brand Anda adalah “pebisnis baju hamil”, maka ketika personal branding Anda sudah dikenal oleh banyak konsumen, dan kelak konsumen tersebut membutuhkan produk ibu hamil, langsung teringat dan menghubungi Anda.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: