Peserta Training Harus Melakukan Hal Ini

Di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga, bisa menjadi acuan Anda ketika akan memilih berbisnis apa. Selanjutnya, Anda harus menggali ilmu jika ingin bisnis melesat, seperti mengikuti training.

Training atau pelatihan adalah salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh semua profesi. Tujuannya agar mendapatkan ilmu tambahan serta menambah link dalam bidang tersebut. Misalnya, mengikuti pelatihan menulis untuk mendapatkan rahasia di dunia penulisan sekaligus bertemu penulis idola. Lalu, bagaimana memaksimalkan training yang diikuti?

Satu, Anda harus mempelajari baik-baik setiap materi yang diberikan.

Jangan pernah membedakan mana materi penting dengan yang tidak, karena bisa jadi hari ini belum membutuhkan ilmu tersebut, tetapi di lain waktu akan sangat dibutuhkan. Contohnya, narasumber menjelaskan tips menembus media, sedangkan Anda fokus menjadi penulis buku, maka tetap saja memperhatikan materinya karena bisa jadi nantinya Anda tertarik mengirimkan tulisan ke media.

Dua, catat poin-poin penting di materi tersebut.

Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis. Bisa juga Anda mendokumentasikan materinya lewat blog, sekaligus berbagi pengetahuan dengan semua orang.

Tiga, tanya sepuasnya jika ada yang tidak jelas.

Jangan sampai, pulang dari training justru membuat Anda makin bingung. Bila memungkinkan, dekati narasumber agar nantinya dapat mengenal lebih jauh. Beberapa narasumber juga ada yang memberi tahu media sosialnya, maka segera follow dan menyapa kalau Anda adalah salah satu peserta training.

Agar ilmu training tidak hilang begitu saja, dan bisa bertahan lama, catatlah di Agenda Remaja Prestatif. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com