Pertanyaan Seputar Usaha Kecil sebagai Bahan Belajar Bisnis

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus mengetahui hal ini. Yaitu, beberapa pertanyaan yang kerap dilotarkan (calon) pebisnis ketika mereka ragu bisa meneruskan usahanya. Tujuannya, agar Anda juga bisa termotivasi untuk semangat mengelola bisnis. Nah, berikut ini pertanyaan yang biasa muncul:

Satu, Apakah saya tergolong kreatif menjadi pebisnis? Karena sering mengalami buntu ide.

Setiap orang itu kreatif, hanya perlu usaha untuk mengeluarkannya. Lalu, bagaimana menjadi pebisnis yang kreatif? Ya perbanyak referensi. Antara lain dengan banyak membaca buku, membaca artikel online, mengikuti pelatihan, dan masih banyak lagi. Intinya, kreatif bisa muncul dengan ilmu.

Dua, produk saya kok nggak laku? Apakah nggak menarik?

Maka, pastikan Anda bisa menjawab, “Apa manfaat produk tersebut bagi target market Anda?” Usahakan, manfaatnya yang berbeda dengan produk lain di pasaran. Kalau sudah tahu apa manfaatnya, maka tonjolkan dengan sering kasih edukasi seputar manfaat tersebut. Cara edukasi bisa lewat menulis status di FB.

Tiga, kenapa setiap saya menawarkan produk kok sepi respon, sedangkan pebisnis lain kayaknya mudah?

Jawabannya adalah, karena konsumen sudah percaya dengan pebisnis tersebut. Maka, Anda harus membangun kepercayaan di mata konsumen. Cara sederhana bisa lewat menulis status di FB seputar kegiatan sehari-hari Anda dalam mengelola bisnis, dan kasih pelayanan secara maksimal.

Empat, saya jual sudah murah banget tapi mereka kok tetap pilih pesaing padahal harganya lebih mahal?

Karena, kemungkinan pesaing punya hal unik yang tidak Anda miliki. Misalnya, Anda dan pesaing sama-sama jual handsock, tapi pesaing tersebut ruti berkomunikasi dengan konsumen sementara Anda cuma promosi aja. Kalau Anda jadi konsumen, pasti pilih yang sudah pernah komunikasi, kan?

Lima, kenapa saya selalu menghadapi masalah bisnis terus?

Setiap bisnis pasti punya masalah. Mungkin, pebisnis lain hanya tidak sering bercerita. Untuk menghadapi masalah bisnis, memang butuh ilmu sehingga Anda harus cari ilmunya dulu. Misalnya, serpi order, maka cari ilmu cara jualan yang tepat, agar bisa laris.

Enam, kapan bisnis saya bisa besar seperti orang lain?

Pasti bisa besar, selama Anda konsisten. Antara lain, konsisten promosi, konsisten memisahkan uang pribadi dengan kas bisnis, konsisten membina jaringan reseller, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi pebisnis sukses, Anda bisa mengawali dengan punya manajemen waktu yang tepat. Agar, Anda tahu dan fokus kapan saatnya cek keuangan bisnis, kapan harus cek stok produk, hingga kapan waktunya me time. Untuk membuat manajemen waktu, Ancda cukup menggunakan Daily Activities for Mom (salah satu Superboard Indscript).

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: