Perhatikan Ini Sebelum Membuat Strategi Promosi

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Pasalnya, dengan mengetahui 10 hal tersebut membuat Anda bisa bersikap preventif. Selain itu, Anda juga harus mengenali hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi, agar jualan Anda juga lebih tepat. Hal-hal tersebut antara lain:

Yang pertama, target market jelas.

Anda harus tahu terlebih dahulu, siapa yang akan tertarik dengan produknya, siapa yang mau mengeluarkan uang segitu untuk mendapatkan produknya, siapa yang membutuhkan produk tersebut. Contohnya, Anda jualan gamis dengan target market ibu-ibu pengajian di komplek, rata-rata penghasilan keluarganya adalah 3juta per bulan, dan seterusnya.

Yang kedua, tes pasar dengan survei.

Survei memang tidak bisa terlepas dari kehidupan pebisnis. Dari survei, bisa membuat Anda tahu harus melakukan apa, harus membuat program seperti apa, hingga sekiranya konsumen itu sukanya atau butuhnya seperti apa sih. Dengan harapan, ketika Anda menjual produk atau melakukan program tertentu, akan lebih mudah diterima oleh konsumen.

Bagi yang belum punya dana survei, bisa kok memaksimalkan media sosial. Tapi, pastikan kalau followers-nya memang target market Anda sehingga hasilnya bisa menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa membuat status pertanyaan, lalu 3 orang yang menjawab dan secara acak akan mendapatkan hadiah dari Anda. Biasanya, yang menjawab cukup banyak meski Anda hanya menyiapkan 3 hadiah.

Bisa juga melakukan tes pasar dengan membuka sistem pre-order (PO). Tujuannya, ketika Anda melakukan produksi bisa menghitung lebih tepat. Selain itu, bisa juga konsumen membayar terlebih dahulu jika ingin ikut PO, agar menghindari pemberi harapan palsu (PHP) konsumen. Jangan sampai, Anda sudah produksi tapi ternyata konsumen belum membayar dan hilang begitu saja.

Meski begitu, jika Anda menggunakan sistem PO harus lebih murah harganya dan ada bonus. Contohnya, Anda menjual gamis dengan sistem PO akan mendapatkan diskon 20% dan bonus handsock. Lalu, ketika sistem PO sudah selesai, maka Anda harus mengembalikan harga semua dan jika tetap ada bonus harus yang berbeda dengan sebelumnya.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.