Perhatikan 10 Hal Ini Saat Memilih Kelas Menulis

Saat ini, sudah banyak kelas menulis baik online maupun offline.

Baca: 5 Keuntungan Mengikuti Kelas Menulis Online

Namun, Anda harus memilih kelas menulis yang tepat agar dapat bermanfaat secara maksimal. Setidaknya 10 hal berikut ini yang jadi bahan pertimbangan dalam memilih kelas menulis.

Satu, membaca kurikulum kelas menulis.

Ada baiknya pilih yang menawarkan cukup banyak materi. Materi yang dibutuhkan umumnya seperti cara mencari ide, membuat outline, memilih kalimat yang tepat, menciptakan konflik, membidik pasar, menawarkan ke penerbit, marketing atau promosi buku, dan masih banyak lagi.

Dua, pilih kelas menulis yang sudah memberi informasi waktu secara jelas.

Informasi waktu tersebut meliputi jam berapa dan di mana kelas akan berlangsung untuk offline. Sementara untuk online, harus melihat jam berapa dan komunikasinya melalui apa, apakah email, grups facebook tertutup, dan lainnya.

Tiga, hasil dari kelas menulis harus jelas.

Ada baiknya Anda memilih kelas yang menuntut pesertanya dapat menuntaskan naskah dalam jangka waktu tertentu. Seperti di Sekolah Perempuan yang membuat peserta harus bisa menuntaskan satu naskah buku sekitar tiga bulan.

Empat, melihat siapa yang menjadi mentor.

Mentor tentu harus yang punya pengalaman di bidang penulisan. Bisa penulis buku yang sudah menelurkan berbagai judul, editor yang sekian lama berkecimpung di dunia penulisan, dan masih banyak lagi.

Lima, tanya kepada alumni kelas menulis tersebut. 

Anda bisa bertanya seperti sejauh mana manfaatnya, bagaimana isi materinya, serta apa saja yang sudah dihasilkan. Jika kawan tersebut memberikan rekomendasi, maka tidak ada keraguan bagi Anda untuk

Enam, lihat jaringannya.

Kelas menulis umumnya terdiri dari beberapa peserta, jika antar-peserta tersebut masih saling berkomunikasi, artinya terbentuk jaringan penulis. Tentu, kelak Anda bisa bergabung di dalam jaringan tersebut.

Tujuh, menulis di media apa.

Pilihannya apakah menulis buku, menjadi blogger profesional, penulis artikel, dan masih banyak lagi. Pilih yang sesuai minat Anda saja.

Delapan, perhatikan biaya.

Pastikan dengan biaya tersebut sangat sesuai dengan materi yang akan Anda dapatkan. Apalagi jika para alumni masuk dalam jaringan, sehingga kelak jika ada pekerjaan menulis, Anda lebih mudah mendapatkan informasinya.

Sembilan, cari yang terjangkau.

Jika Anda merasa biaya kelas menulis masih terasa berat, carilah yang lebih terjangkau. Umumnya, ada beberapa kelas menulis yang cuma memuat satu tema atau satu kurikulum, tentu biayanya lebih terjangkau.

Sepuluh, website informasi detail

Buka dan lihat isi website kelas menulis tersebut. Pilih yang memberi informasi lengkap seperti kurikulum, kontak, alumni, dan yang lainnya.

Namun, sebelum mulai ikut kelas menulis, ada baiknya memasang target menulis dulu. Mudahnya, Anda bisa menggunakan Metrik Pencapaian dari dreambord kami. Tidak perlu bingung, Indscript Creative sudah menyiapkan superboard bagi yang ingin meraih impian. Silahkan KLIK DI SINI.

 

Nah, siapkan target Anda sambil mendaftar kelas menulis, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com