Peran Copywriter dalam Bisnis Anda

Selama ini copywriter identik dengan penulisan naskah skenario, iklan, ataupun perfilman. Mungkin belum terbayang peran copywriter dalam bisnis Anda. Padahal sebagaimana sebuah film, iklan atau sejenisnya, hidup ini penuh dengan lakon. Termasuk area bisnis. Lakon harus dirancang melalui sebuah skenario sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang pembuat lakon tersebut. Dalam menjalani bisnis, pastilah seseorang menghendaki sebuah hasil yang optimal. Hasil optimal hanya dapat diperoleh melalui adanya rancangan.

Rancangan di dalam bisnis sebenarnya sama dengan rancangan ketika Anda menentukan mau pergi ke mana hari ini. Namun untuk memperoleh hasil optimal, tentunya rancangan tersebut tidak sembarangan. Harus didesain secara khusus, dinarasikan, dideskripsikan langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Selain dilakukan sebuah perancangan, bisnis juga harus disosialisasikan serta dipublikasikan kepada khalayak atau minimal calon pembeli. Iklan adalah salah satu media publikasi. Namun kini publikasi tak hanya melalui iklan. Sebuah berita bahkan cerita lepas atau fiktif dapat menjadi media publikasi yang dapat menyedot pembeli. Nah, di sinilah peran copywriter dalam bisnis Anda.

Seorang copywriter pasti memiliki kemampuan serta pengalaman menulis yang baik. Tulisan memiliki keunggulan dibandingkan dengan lisan karena tulisan mampu membawa seseorang menuju alam ilusi, imajinasi, dan bayang-bayang. Sebuah imajinasi yang diarahkan melalui tulisan dapat menghipnotis orang yang membacanya.

Pernahkah Anda menjadi tertarik membeli sutau produk atau mengunjungi sebuah lokasi karena hipnotis yang terkandung di dalam tulisan sebuah release ataupun advertorial? Mungkin saja produk yang dijual ataupun lokasi yang sesungguhnya, tidak seapik yang tertulis di dalam media informasi tersebut. Namun tulisan yang indah, dapat membawa seseorang ke suasana ingin mencoba, ingin mencicip, ingin membeli. Bayangkan jika iklan sebuah makanan tidak mampu menggambarkan kelezatan makanan tersebut. Apakah mampu menggugah selera calon pembeli yang belum pernah merasakan kenikmatan ataupun cita rasa masakan yang ditawarkan?

Peran copywriter dalam bisnis Anda semakin menjadi penting apabila sang pelaku bisnis memiliki keinginan untuk selan mempublikasikan produknya juga mempublikasikan dirinya. Personal branding sangat berpengaruh terhadap image sebuah produk. Untuk itulah penyajian informasi bisnis menggunakan tulisan yang tertata dan apik sangat diperlukan.[]