Penulis Tidak Hanya Butuh Keterampilan Menulis

Cara Menerbitkan Buku Gratis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua tips tersebut sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga (IRT) yang mayoritas berada di dalam rumah, sekaligus bisa mengembangkan potensi menulisnya. Selain itu, tantangan selanjutnya adalah tidak hanya bisa menulis, tapi bagaimana menjaga mood menulis.

Yang pertama adalah Anda harus tahu apa motivasi Anda menulis?

Misalnya, menulis karena bisa menuangkan pikiran dan perasaan agar lebih lega, atau ingin dapat uang juga tidak apa-apa. Maka ketika tidak mood menulis, cobalah ingat lagi motivasi tersebut agar kembali semangat. Anggap aja ingat biar lega dengan menulis maka semangat menulis lagi.

Yang kedua adalah buat jadwal kapan Anda harus menulis.

Jangan menunggu menulis ketika ada waktu luang, karena IRT itu minim punya waktu luang, terus nggak menulis dong? Selain itu, ada yang suka menonton TV, bergosip, dan melakukan hal lain dalam waktu yang lama, padahal bisa digunakan untuk menulis kan ya?

Yang ketiga adalah pajang motivasi dan jadwal Anda menulis.

Kenapa? Karena akan membuat Anda terus termotivasi. Selain itu, suami dan anak-anak akan melihatnya sehingga bisa jadi mereka yang mengingatkan. Misalnya, “Ibu, kan waktunya menulis, kok nonton TV terus?” Nah, jadi ingat untuk tidak berlama-lama santai dan memilih produktif saja.

Yang keempat adalah harus punya me time.

Me time atau waktu sendirian, tidak mengurus suami dan anak-anak dalam waktu sebentar saja, menikmati diri sendiri, itu bisa membuat pikiran segar dan semangat menulis. Pilih me time sederhana saja, seperti minum teh sendirian, membaca novel, dan apa saja yang sekiranya bisa membuat Anda senang.

Yang kelima adalah berkumpul dengan penulis agar semangat.

Ini salah satu manfaat Anda masuk dan aktif di komunitas online. Ketika di dalam grup, baik yang online atau pada acara kopi darat (kopdar), itu akan berdiskusi yang secara tidak terasa menumbuhkan semangat menulis Anda. Jadi, rugi kalau cuma menjadi silent reader.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.