Pentingnya Menulis Kata-kata Promosi Online Shop

Jika di artikel sebelumnya, Anda mengenali 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Maka yang tidak kalah penting adalah mengetahui promosi, khususnya dalam bentuk tulisan. Saat ini tersedia bermacam media bagi marketing. Kalau pada zaman sebelumnya lebih sering menggunakan media cetak, baik berbentuk brosur, lembar company profile, dan berita di surat kabar. Sekarang sudah ada pilihan lain, yang tersebar di dunia maya. Ada website, blog, sampai akun jejaring sosial. Bahkan berdampak semakin mudahnya siapa saja yang ingin memiliki online shop.

Maka, setiap bisnis dapat memaksimalkan marketing dari media tersebut lewat copywriter. Lalu, apa saja tugas copywriter?

Satu, menulis ulang tulisan promosi.

Pada umumnya, setiap bisnis memiliki brosur sebagai wadah menyampaikan seluruh informasi sebuah perusahaan. Baik itu latar belakang, benefit yang ditawarkan, serta kontak perusahaan. Maka, copywriter akan membantu perusahaan tersebut membangun image positif lewat kata-kata. Menuliskan kembali sejarah berdirinya perusahaan dengan tata bahasa yang mengena dan sesuai bagi karakter konsumen. Dengan harapan, usai membaca akan kian tertarik sebagai konsumen.

Dua, menganjurkan memiliki website dan media sosial tersendiri.

Untuk media online, perusahaan baiknya sudah memiliki website resmi tersendiri. Lebih kredibel lagi membeli domain dan hosting tersendiri, agar tidak menggunakan platform gratis. Keputusan ini memberi pengaruh bagi citra terpercaya sebuah perusahaan. Kalimat yang tertuang di website juga secara implisit mengandung informasi serta ajakan. Secara tidak sadar, pembaca akan tergiring menjadi konsumen.

Tiga, membangun bradn lewat tulisan.

Seorang copywriter juga akan membantu membangun brand lewat kata-kata di social media. Adanya keterbatasan karakter dalam penulisan, menuntut copywriter menciptakan kata yang singkat, padat, dan atraktif. Pemilihan gaya bahasa juga pasti disesuaikan dengan karakter target konsumen. Semua ini akan menjadi tantangan copywriter, bagaimana membangun perusahaan lebih mudah menyapa masyarakat luas.

Empat, menulis untuk surat kabar.

Selain itu, masih ada jalur release di koran. Walaupun informasi di dunia maya sudah menyebar, sebagian masyarakat masih lebih percaya kepada media cetak. Copywriter akan membantu menyusun naskah sehingga berbentuk berita, sekaligus meninggalkan kesan positif bagi produk atau jasa. Para pembaca surat kabar tersebut, lebih menerima sebagai informasi menarik tambahan, bukan sebuah iklan.

Kehadiran berbagai media membuka pintu perusahaan lebih mendekatkan diri dengan calon konsumennya. Dengan bantungan jemari copywriter, mampu membuat media tersebut tampil lebih menarik, bukan sekedar tulisan iklan belaka. Para pembaca, secara tidak sadar sudah tergiring menjadi salah satu calon konsumen perusahaan tertentu. Ini membuktikan bagaimana sebuah tulisan memiliki pengaruh besar.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat lima hal di atas di Agenda Remaja Prestatif, yang bisa menjadi pusat pencatatan informasi bagi bisnis Anda. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com