Pentingnya Karyawan Walau Berbisnis dari Rumah atau Sampingan

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul 5 ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga, maka Anda tentu sudah memutuskan akan berbisnis apa. Selanjutnya, walau berbisnis dari rumah bagi ibu rumah tangga (IRT), atau bisnis sekedar sampingan bagi kalangan remaja, usahakan merekrut karyawan. Kenapa penting? Ini dia 6 jawabannya jika bisnis Anda ingin melesat.

Satu, tidak mengecewakan konsumen.

Anda bisa merekrut 1 karyawan yang bertugas sebagai customer service (CS). Hal ini membuat Anda tidak pernah slow respon karena ada orang khusus yang siap mengurus semua pesanan yang masuk. Anda juga bisa membuat informasi kalau jam buka toko online Anda adalah jam 8 pagi sampai jam 5 sore, sesuai jam kantor CS.

Dua, membuat sistem.

Dengan memiliki karyawan, Anda sekaligus harus belajar membuat sistem bisnis yang tepat. Caranya, catat apa pekerjaan setiap anak buah Anda, lalu alur pekerjaannya gimana. Misalnya CS, bertugas mencatat pemesanan, memberi informasi kepada tim gudang, mencatat data customer. Dengan begitu, CS tahu apa saja yang harus dilakukan dan Anda tidak perlu terjun langsung mengurus pesanan.

Tiga, karyawan bertugas hal teknik.

Dengan adanya karyawan, mereka bertugas ke hal teknis. Antara lain, mencatat cata konsumen yang pesan, stock opname, pengiriman, dan hal-hal secara teknis lainnya. Anda tidak perlu mengurus hal-hal tersebut karena karyawan sudah tahu apa saja dan bagaimana bertugas.

Empat, pebisnis adalah pemikir strategi.

Ketika karyawa sudah mengerjakan hal-hal teknis, maka Anda sebagai pemilik perusahaan, bisa fokus mengembangkan bisnis dari segi strategi. Antara lain, mencari ide-ide promosi walau terkadang ide bisa datang dari anak buah, mencari inovasi agar konsumen tidak bosan dengan produk Anda, dan lainnya.

Lima, Anda bisa fokus membangun jaringan.

Tidak hanya memikirkan strategi bisnis, ketika hal-hal teknis sudah bisa dikerjakan sendiri oleh karyawan, maka Anda bisa fokus membangun jaringan. Baik itu jaringan pertemanan dengan perbisnis yang lain, jaringan pemasaran sebagai ujung tombak bisnis, jaringan pelanggan.

Enam, catat delegasi kepada karyawan.

Agar tidak terjalan salah paham sehingga membuat karyawan tidak tahu apa saja yang harus dilakukan, Anda harus mencatat job description setiap karyawan, lalu SOP-nya bagaimana. Dengan mencatat, maka karyawan akan lebih jelas mengenai tugasnya.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat 6 hal di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: