2

Penghasilan dari Menulis yang Bisa Dilakukan IRT

Di artikel sebelumnya yang berjudul Kiat Sukses Usaha Dagang dengan Hal Sederhana Ini, maka tips selanjutnya adalah bagaimana berbisnis tulisan. Pasalnya, profesi penulis ternyata tidak hanya mampu menghasilkan karya berupa tulisan. Menjadi penulis juga dapat membuka peluang sekaligus memilih profesi pebisnis. Penulis yang berbisnis dalam artikel ini akan lebih membahas menawarkan jasanya, bukan hanya menjual produk berupa buku. Berikut ini bisnis yang dapat dilakukan oleh penulis.

Satu, tentukan akan branding penulis apa?

Perlu diketahui, pekerjaan menulis adalah menawarkan jasa berupa kemampuan dalam bidang penulisan. Setiap penulis ada baiknya memiliki branding yang menjadi ciri khas. Dengan harapan, pembaca tidak hanya ingin membaca karya buku Anda, tetapi berharap dapat bertemu dengan Anda, hingga pembaca pun punya keinginan mengikuti karir penulisan Anda.

Dua, menawarkan jasa pelatihan menulis.

Selain menulis, Anda dapat membuka les privat bagi yang ingin belajar menghasilkan tulisan yang menarik. Kesempatan tersebut tentu menarik perhatian pembaca karena dapat langsung berinteraksi dengan penulis idola, menyerap ilmu menulis dari penulis yang lebih dahulu terjun, dan lain-lain. Tentu saja, Anda juga dapat menerima pemasukan tambahan dari jasa tersebut.

Tiga, aktif di komunitas menulis.

Bisa juga, Anda dapat menerima tawaran untuk mengajarkan teknik menulis pada acara pelatihan menulis, atau Anda sendiri mengadakan pelatihan menulis. Agar mendapatkan peluang menjadi pengajar menulis tersebut, membutuhkan kepercayaan dan link ke berbagai komunitas menulis.

Empat, konsisten menulis di blog.

Tidak ketinggalan, Anda dapat rajin mengisi blog karena penyelenggara pelatihan terkadang mencari narasumber melalui internet. Saat ini, blog bisa menjadi wadah portfolio tulisan.

Lima, menjadi juri lomba.

Selanjutnya, bisa menawarkan jasa kemampuan menulis dengan menjadi juri di lomba menulis. Kesempatan tersebut akan menjadi pengalaman berharga Anda dalam mengenal berbagai karakter penulis. Sekaligus dapat meningkatkan kepopuleran nama hingga branding Anda di bidang penulisan. Pastinya, panitia akan memberikan fee atas kerja keras Anda selepas memilih sang pemenang.

Enam, menjadi pembicara.

Yang terakhir, dapat mengisi seminar bidang penulisan. Saat ini, dunia penulisan kian menggeliat sehingga mendorong lahirnya seminar menulis agar khalayak mendapatkan pengetahuan. Anda dapat berbagi ilmu dan pengalaman dalam seminar tersebut. Bisa juga memanfaatkan momen seminar dengan menjual karya buku-buku Anda, memberi info karya buku-buku Anda ketika sesi pengenalan, dan masih banyak lagi.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 2 comments
Contoh dan Kelebihan E-Book – INDSCRIPT CREATIVE - last month

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Penghasilan dari Menulis yang Bisa Dilakukan IRT, maka salah satunya adalah menulis untuk e-book. Dewasa ini, kehadiran e-book kian menunjukkan […]

Reply
Kenali Fungsi E-book Berikut Ini – INDSCRIPT CREATIVE - 4 weeks ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Penghasilan dari Menulis yang Bisa Dilakukan IRT, maka selain menulis buku juga bisa membuat e-book. E-book memiliki keunggulan jika dibandingkan […]

Reply

Leave a Reply: