Penghasilan dari Menulis yang Bisa Dilakukan di Rumah

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul Tips Menulis Mudah agar Lancar Menulis, maka dari menulis juga bisa mendapatkan penghasilan. Pasalnya, profesi writerpreneur tengah menggeliat di kalangan masyarakat. Banyak penulis yang juga terjun sebagai pebisnis. Baik itu sekedar menjual produk buku karyanya, memiliki penerbitan, hingga toko buku online. Pasalnya, perkembangan teknologi memudahkan para penulis memiliki toko online dengan modal minim.

Satu, kenali dunia penulisan.

Sebagai penulis, tentu makin terasah mengenal perkembangan trend buku yang tengah berkembang saat ini. Ketika akan membuat toko online, pastikan Anda memahami buku-buku siapa saja, mengenai apa, hingga dari penerbit mana yang banyak digemari oleh pembaca. Pilihlah buku-buku tersebut sebagai daftar produk di toko online Anda.

Dua, temukan tema yang menarik.

Selain itu, Anda dapat memilih buku lama, yaitu terbit lebih dari satu tahun yang lalu, tetapi temanya masih menarik di mata pembaca hingga beberapa waktu ke depan. Sebagai contoh, buku tentang menghadapi ujian atau tes wawancara, pengembangan potensi diri, parenting, kehamilan dan melahirkan, doa-doa.

Tiga, tawarkan kerja sama.

Untuk itu, diperlukan kerja sama dengan pihak penerbit atau distributor buku. Anda dapat menyediakan buku-buku dari beberapa penerbit, lalu menjualnya secara online. Pihak penerbit juga membutuhkan toko buku online karena masa waktu buku-buku yang duduk di rak toko buku offline sangatlah terbatas. Sekaligus dapat menjangkau pembaca yang letaknya jauh dari toko buku offline.

Empat, mencari kurir.

Jika produk sudah berada di tangan, langkah selanjutnya adalah mencari kurir yang terpercaya. Ada baiknya Anda menggunakan beberapa jasa kurir karena setiap layanan jasa tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada jasa kurir yang cepat tetapi tidak menjangkau hingga pelosok, atau memilih yang paling murah. Anda dapat mengecek harga pengiriman secara online di website perusahaan jasa kurir tersebut.

Lima, buat toko online.

Tahapan terakhir adalah membuat website toko online. Anda dapat menggunakan jasa web developer untuk memiliki toko online yang sederhana tetapi lengkap. Bisa juga Anda menggunakan blog gratisan terlebih dahulu, jika pangsa pasar mulai luas dapat membuat web toko online.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: