Pengertian Copywriting dari Segi Fungsinya

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Apalagi sebagai ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis sangat membutuhkan manajemen waktu agar tugas bisnis dan tugas keluarga berjalan mulus. Lalu, untuk memudahkan Anda melakukan promosi bisa di media sosial dengan menggunakan copywriting. Berikut ini fungsinya:

Yang pertama adalah sebagai salah satu media promosi.

Saat ini, banyak konsumen yang mengakses status WA, facebook, instagram, dan media sosial lainnya. Nah, Anda bisa membuat promosi copywriting di media sosial tersebut. Dengan teknik copywriting membuat konsumen suka dengan isi media sosial Anda, meski di dalamnya ada selipan promosi. Tentu saja, bisa berujung closing.

Yang kedua adalah copywriting bisa menjadi salah satu bentuk Anda memberi edukasi kepada target market.

Di dalam copywriting, itu ada yang isinya memberikan edukasi. Misalnya, Anda berjualan gamis, maka bisa membuat tips memilih gamis, seperti bahannya premium agar nyaman, jahitannya rapi agar awet, dan lainnya, yang semua hal itu ada di gamis milik Anda.

Yang ketiga adalah bisa membuat pembaca penasaran dengan produk yang dipromosikan.

Ketika pembaca menikmati copywriting, bisa jadi perlahan-lahan isinya membuat mereka jadi penasaran dengan produk atau jasa yang dipromosikan. Dari rasa penasaran tersebut bisa membuat target market menghubungi CS Anda meski awalnya hanya bertanya, hingga bisa closing juga.

Yang keempat adalah bisa membuat target market mau kontak dan bertanya.

“Ah, kalau cuma tanya-tanya sih buat apa?” Hilangkan pemikiran tersebut. Jadi, meski mereka masih bertanya-tanya, sebenarnya mereka adalah calon target market Anda yang sudah tertarik. Selanjutnya, Anda harus menjaga komunikasi dengan mereka lalu lama-lama mereka mantap membeli. Jadi, mereka hanya butuh waktu.

Yang kelima adalah bisa membuat closing.

Meski tujuan awal copywriting adalah membuat pembaca jadi penasaran dan akhirnya bertanya-tanya, tapi bisa juga setelah membaca copywriting justru mereka langsung membeli. Umumnya ini bisa terjadi bagi konsumen yang sudah mengenal atau pernah membeli produk Anda. Jadi, teruslah membuat copywriting karena ada banyak kemungkinan terjadi closing, baik secara langsung atau tidak.

Nah, untuk memudahkan Anda membuat promosi online memang maksimalkan akun media sosial saja. Anda cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.