Pengelolaan Karyawan agar Produktif dan Bisnis Makin Melesat

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol, maka salah satu poin penting adalah mengelola karyawan. Sumber daya manusia di bisnis adalah aset yang harus diperhatikan. Namun, pernahkah Anda merasa jika anak buah tersebut tidak memberikan kontribusi yang efektif? Lalu bagaimana solusi dalam mengelola karyawan agar sukses bersama?

Yang pertama, jadilah ketua tim.

Perlu Anda ketahui, apapun posisi karyawan di bisnis Anda wajib diperhatikan. Entah itu di bagian keuangan, sales, administrasi, dan divisi yang lainnya. Tanpa mereka, Anda tidak mungkin dapat melakukan semua sisi agar bisnis terus melesat. Mereka adalah tim Anda agar sama-sama bekerja untuk melesatkan bisnis.

Yang kedua, Anda harus mengenal potensi setiap karyawan.

Pastikan kalau Anda sudah menempatkan di posisi yang tepat. Sebagai contoh, setelah Anda menganalisa, ternyata tim keuangan tidak cekatan dalam melakukan pembukuan, sehingga laporan keuangan tidak jelas. Walaupun karyawan tersebut adalah lulusan bidang keuangan dari tempat tenama. Maka, Anda bisa mencari karyawan lain yang tepat.

Yang ketiga, tawarkan karyawan untuk mengikuti training sesuai dengan bidang yang digeluti.

Bisa jadi, anak buah Anda membutuhkan ilmu pengetahuan yang lebih baru dan sesuai perkembangan zaman. Misalnya, banyak sales yang mengalami penurunan angka penjualan. Maka, Anda dapat mengadakan pelatihan internal, atau meminta karyawan datang ke seminar sales untuk mendapatkan tips praktis sukses berjualan yang terbaru.

Yang keempat, terus beri motivasi kepada seluruh karyawan.

Bisa jadi, para karyawan hanya mengalami kejenuhan sehingga produktifitas menurun. Anda dapat mengajak karyawan berlibur bersama selama satu sampai dua hari, atau menawarkan cuti beberapa hari untuk refreshing, serta mengikuti seminar motivasi terhadap karyawan yang kini tengah booming. Usahakan, setiap pagi ada briefing sekaligus motivasi.

Yang kelima, bebaskan mereka.

Setiap karyawan punya cara tersendiri dalam bekerja. Dengan membebaskan, maka mereka bisa meningkatkan potensi dan kreativitas. Bairkan mereka memberi ide untuk bisnis Anda. Informasikan kalau siapa saja bisa memberikan ide dan akan mendapatkan insentif bagi yang kreatif. Dengan begitu, karyawan akan berlomba memberikan yang terbaik.

Yang keenam, kenalkan target.

Setiap karyawan harus punya target. Tidak hanya karyawan sales saja. Misalnya, karyawan keuangan harus setor laporan setiap hari, karyawan konsten harus punya target menulis sekian artikel setiap hari. Dengan target, Anda bisa punya tolak ukut sekaligus untuk melakukan evaluasi kinerja mereka.

Salah satunya, dengan menggunakan Metrik Pencapaian yang didesain khusus untuk meraih target. Baik itu target omset bisnis, target pekerjaan karyawan, target hafalan untuk anak-anak, dan masih banyak lagi. Karyawan bisa mencatat berapa target yang sudah diraih setiap harinya, sehingga memudahkan mereka bisa meraih target bulanan yang lebih besar. Informasi mengenai superboard (Dreamboard, Metrik Pencapaian, dan Daily Activities) bisa KLIK DI SINI.

Siap melesatkan bisnis bersama tim?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com