Pekerjaan Penulis Membuat Tulisan Menarik

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena tips tersebut bisa Anda lakukan di dalam rumah dan jika konsisten maka Anda bisa produktif sebagai penulis. Selain itu, ada beberapa pertanyaan seputar dunia penulisan.

Satu. Bagaimana menulis jurnal kedokteran di blog?

Buat tulisan yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Misalnya, tidak terlalu banyak pakai istilah kedokteran yang bikin pusing pembaca.

Contohnya, habis baca jurnal soal anemia. Bisa tuh, menulis tentang tips mengatasi anemia. Pasti banyak dibutuhkan pembaca dari berbagai kalangan. Isinya bisa sebutkan 5 cara praktis. Seperti poin pertama yaitu pilih makanan daging, dst.

Dua. Saat ini ada beberapa pembaca yang tidak percaya dengan tulisan di internet. Terus, bagaimana pembaca mau percaya kepada tulisan kita?

Ngeblog itu cenderung opini bukan karya jurnalistik murni yang wajib cover both side. Tapi, selama konsisten menghasilkan postingan fakta, bukan hoax, dan share di media sosial agar kian banyak yang baca, perlahan-lahan kepercayaan itu akan datang. Oh ya, jangan lupa sebutkan kalau tulisannya berdasarkan buku apa, atau menurut kata siapa, biar lebih valid.

Tiga. Saya pernah belum kelar satu tulisan dan mentok, terus mendadak ada ide baru. Gimana tuh?

Baiknya sudah bikin outline mini atau mind map.

Misal: di postingan ini, aku bikin coretan kalau lead akan diisi dengan manfaat ngeblog itu banyak banget. Paragraf pertama soal media curhat. Paragraf kedua soal dapat teman. Paragraf ketiga sebagai portfolio. Paragraf keempat dapat job. Paragraf kelima dapat jodoh. Closingnya tentang pertanyaan kalau kamu gimana. Kalo udah sip, baru ngetik.

Empat. Apa dukanya jadi blogger?

Apa ya? Banyak sukanya sih, hehe. Kayaknya cari ide tulisan itu enggak mudah.

Lima. Gimana biar tulisan kita dibaca?

Tentu saja harus bikin judul yang bombastis biar ada yang mau ngeklik. Eit, judulnya tetap harus santun dan sesuai dengan isi, ya. Terus, isinya informatif biar pembaca dapat pengetahuan lebih. Selanjutnya, setelah posting harus percaya diri dengan share di media sosial.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.