Pekerjaan Penulis Hampir Sama dengan Pebisnis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena ibu rumah tangga (IRT) masa kini banyak yang menjadi penulis produktif dan Anda bisa mengikuti jejak mereka. Selain itu, menjadi penulis ternyata hampir sama dengan menjadi pebisnis, agar sama-sama menjadi produktif. Berikut ini 5 hal persamaannya:

Yang pertama adalah hindari meniru 100%.

Dalam dunia bisnis, ketika ada 1 produk yang booming maka selanjutnya akan banyak kompetitor yang mengikutinya. Sayangnya, kompetitor tersebut hanya meniru sehingga ketika trend turun maka mereka β€œbanting setir”. Begitu pula menjadi penulis yang dilarang copy paste, karena sekali ketahuan akan merugikan nama baik Anda.

Yang kedua adalah sama-sama ada yang dijual.

Jadi, dalam dunia bisnis pasti ada yang dijual, yaitu produk, atau jasa seperti jasa mendesain, jasa konsultasi, dan lainnya. Begitu pula dengan menjadi penulis, sebenarnya Anda juga tergolong menjual jasa, atau keahlian, yaitu produknya berupa tulisan, atau buku, hingga ilmu ketika Anda mengisi pelatihan menulis.

Yang ketiga adalah sama-sama mencari target market.

Dalam dunia bisnis, pebisnis harus mencari konsumen yang mau membeli produknya. Begitu pula dengan menjadi penulis, yaitu sama-sama mencari target market. Bedanya, kalau penulis buku, blogger, maka target marketnya adalah pembaca. Intinya sama, yaitu orang yang menikmati hasil karya Anda, kan?

Yang keempat adalah sama-sama mencari suplier.

Di bisnis, suplier adalah orang yang menyediakan bahan agar pebisnis bisa memproduksi barang yang akan dijual, atau reseller yang mencari suplier seperti agen atau distributor. Begitu pula menjadi penulis, Anda juga mencari suplier, seperti penulis buku mencari penerbit, blogger mencari brand yang butuh promosi, dan lainnya.

Yang kelima adalah sama-sama harus promosi.

Siapa bilang menjadi penulis maka nggak perlu promosi? atau katanya kerjaannya cukup promosi? ya bisa jadi, tapi akan menjadi penulis biasa saja. Beda jika Anda penulis yang juga aktif berpromosi, maka banyak pihak yang suka bekerja sama dengan Anda. Jadi, mulailah belajar promosi juga.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.