Pekerjaan Penulis dari Nol

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena menjadi panduan Anda bagaimana ketika harus menulis dari nol, karena menulis adalah keahlian yang butuh proses dan bukan butuh bakat. Selain itu, kenali juga penulis senior memulai menulis juga sama-sama dari NOL.

โ€œNggak pede nulis, tulisan si A pasti lebih bagus, pasti lebih menarik, apalah saya ini?โ€

Ada yang masih kayak gitu? Hempaskan jauh-jauh perasaan minder seperti di atas, ya. Tahu nggak, semua penulis, termasuk yang sekarang senior dan lebih popular, pasti mulai dari titik nol. Mulai dari penulis yang tidak pernah dikenal.

Bedanya, sekarang mereka sudah mulai dikenal. Artinya, Anda juga bisa mengikuti jejak mereka. Caranya? Jadi penulis harus mulai membangun branding agar lebih mudah dikela oleh khalayak luas

Yang pertama adalah menjadi penulis yang siap melakukan promosi apa saja

Penulis cuma bikin tulisan aja? Ah, sudah nggak zamannya itu

Sekarang itu, penulis juga aktif promosi dan penulis juga siap branding

Kenapa?

Karena kompetitor alias penulis lain jumlahnya makin banyak. Agar bisa mencuri perhatian konsumen. Ya Anda harus punya branding. Agar branding Anda dikenal masyarakat luas. Ya harus promosi

Jadi, alurnya gini: Karya tulisan => promosi => branding penulis

Promosi bisa dilakukan di:

– Media sosial pribadi, Anda bisa share hasil tulisan ato promo buku

– Kegiatan kopdar dengan membawa buku karya Anda

– Menyebarkan kartu nama saat bertemu orang asing lalu ceritakan kegiatan menulis Anda

Jadi, APAPUN dan DI MANA PUN harus promosi

Yang kedua adalah, konsistensi dan komitmen untuk tetap berkarya dan menyebarkan inspirasi

Dalam membangun branding sebagai penulis, yang penting adalah terus berkarya, dan pastikan karya tersebut adalah hal positif. Tidak negatif seperti menjelekkan pihak lain, kata-kata kasar, dll.

Tulislah dari pengalaman Anda agar lebih mudah. Tulislah dari perjalanan Anda sehari-hari yang bisa jadi inspirasi. Merasa nggak bisa kasih inspirasi? Ah, masak?

Coba ceritakan satu pengalaman yang dilalui selama seminggu ini. Lalu dari serta tersebut, Anda mendapatkan hikmah apa? Nah, itu sudah berbagi inspirasi

Contoh, seminggu kemarin, mengurus anak yang sakit. Anda berbagi cerita soal nama penyakit, penyebab, lalu pengobatan. Nah, pengalaman itu bisa memberi inspirasi pembaca. Mereka jadi tahu soal penyakit itu. Mereka jadi tahu bagaimana menanganinya.

Terlihat sederhana kan? Tapi sudah berbagi inspirasi.

Ingin menerbitkan buku tapi belum punya pengalaman menulis sama sekali? bisa belajar memulai menulis dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript. Sudah punya naskah tapi tidak tahu cara menerbitkannya? Kirim saja ke penerbit indie BUKUIN aja! dan ada bonus editing, layout, serta desain. Apakah Anda bisa bayangkan betapa mudahnya menjadi penulis di jaman now karena โ€œBUKUIN AJA!โ€? Ini saatnya Anda membuat keputusan yang tepat.

Bisa juga konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan langsung praktik ya.