Pekerjaan Penulis dari Kalangan Anak-anak

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena sudah banyak ibu rumah tangga (IRT) yang produktif menulis dari rumah, sehingga Anda pasti juga bisa. Selain itu, bagi Anda yang suka menulis dan ternyata menurun kepada anak-anak, maka bisa mendukung dengan kasih ide berikut ini.

Yang pertama adalah menulis tentang kegiatan sehari-hari

Anda bisa mengajak anak menulis apa saja setiap hari. Tidak harus lama. Mungkin anak hanya mau menulis 15 menit saja, ya tidak apa-apa. Anda bisa mendorong anak dengan memberikan ide menulis dari kegiatan sehari-hari, seperti cerita sekolah, hari ini melakukan apa aja, dan lainnya.

Yang kedua adalah menulis tentang cerita

Bingung mau cerita apa? Kasih buku anak dulu. Buku itu seperti modal untuk menulis. Dengan membaca buku, maka otak akan akan terbiasa berimajinasi sehingga kelak lebih mudah menulis. Selain itu, dengan membaca buku juga bisa menambah kosa kata baru sehingga cerita anak akan lebih variatif. Jika belum bisa membeli buku, bisa meminjam buku dulu.

Yang ketiga adalah menulis tentang teman sekolah atau di rumah

Ini juga bisa menjadi tema menarik. Misalnya, Anda bisa ajak mereka bercerita kalau pada usia sekian, anak Anda baru tertarik bermain bersama teman-teman dan mulai melepaskan ketergantungan terhadap orang tuanya, atau sukanya mainan apa. Jadi, cukup ceritakan berdasarkan pengalaman mereka sendiri dulu saja.

Yang keempat adalah menulis tentang ilmiah

Anda bisa mengajak anak ke toko buku dan bebaskan dia memilih buku untuk dibaca ketika di rumah, tapi buat perjanjian kalau anak harus mau membacanya, ya. selain ke toko buku, Anda juga bisa mengajak anak ke perpustakaan sehingga bisa membaca di tempat atau meminjam buku. Jika suka membaca ilmiah maka coba menulis hal serupa juga.

Yang kelima adalah menulis tentang apa aja dan biarkan saja

Jadi, tidak ada paksaaan anak untuk belajar menulis. Tapi beri dorongan atau mengajak anak menulis. Misalnya, “Nulis yuk, Nak, dari pada bermain HP. Coba buat cerita tentang rumah besar saja, bla bla bla.” Dengan begitu, anak teralihkan dari bermain HP dengan menulis, kan?

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.