Pekerjaan Penulis adalah Tahu Cara Menerbitkan Buku

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar semakin yakin kalau banyak ibu rumah tangga (IRT) yang juga menjadi penulis, sehingga Anda jug pasti bisa. Selain itu, Anda juga harus phama bagaimana menerbitkan buku. Saat ini ada 3 pilihan dengan masing-masing plus minusnya.

Yang pertama adalah menerbitkan buku di penerbit mayor.

Ini yang masih paling banyak berlaku karena penerbit mayor memang punya channel agar buku-buku Anda bisa dijual di toko buku mereka. Namun, peluang diterbitkan tidak mudah karena banyak naskah yang masuk setiap hari tapi yang dapat ACC hanya sebagian.

Keuntungan cara pertama ini bisa jadi Anda tidak perlu bingun cara masukkan buku ke toko buku, promosi, hingga royalti sekitar 7-12% itu menjadi sepenuhnya hak Anda. Tapi, Anda harus tahu karakter dan naskah seperti apa yang dicari oleh penerbit. Caranya, ya Anda harus membaca buku-buku dari penerbit itu dahulu untuk memahaminya agar mudahd apat ACC.

Yang kedua adalah menerbitkan buku lewat agensi naskah.

Salah satunya bisa mengirimkan naskah ke Indscript Writing yang memang menjadi agensi naskah. Tim Indscript juga punya channel ke penerbit sehingga kerap menjadi β€œjembatan” antara (calon) penulis dengan penerbit.

Keuntungannya, tim Indscript lebih tahu kalau naskah Anda itu cocoknya untuk penerbit yang mana? Tapi, 7012% royalti itu harus dibagi antara Anda sebagai penulis dan Indsript Writing sebagai agensi naskah. Meski begitu, Indscript tidak hanya sebagai β€œjembatan” tapi kerap mendapatkan informasi seputar tema naskah apa yang tengah dicari oleh penerbit sehingga memudahkan (calon) penulis untuk mencari ide buku juga.

Yang ketiga adalah menerbitkan buku dengan self publishing.

Artinya Anda menerbitkan buku sendiri. Ada banyak penerbit yang menerima naskah sehingga Anda bisa melakukan self publishing. Tapi usahakan yang jelas seperti di BUKUIN Aja! Pilihan ketiga ini Anda harus menyiapkan dana untuk cetak dan kebutuhan lainnya, sehingga sangat berbeda dengan poin pertama dan kedua.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.