Pekerjaan Penulis adalah Mencari Ide dengan Mudah

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar semakin yakin kalau banyak ibu rumah tangga (IRT) yang juga menjadi penulis, sehingga Anda jug pasti bisa. Selain itu, hal pertama yang harus dilakukan oleh penulis adalah mencari. Tahukah jika ide itu bisa didapatkan dari teman?

Yang pertama adalah curhatan teman bisa menjadi ide novel.

Misalnya, ada teman yang curhat mengenai kehidupan percintaannya. Lalu Anda bisa menjadikan pengalaman teman yang nyata itu menjadi novel, karena kisah nyata lebih mudah diceritakan kembali. Tapi, pastikan kalau namanya diganti, tempatnya berubah, dan hal-hal yang terlalu personal sehingga tetap menjaga privasi teman tersebut.

Yang kedua adalah pengalaman lucu teman juga bisa menjadi ide tulisan.

Misalnya, teman barusan cerita teriak-teriak di tempat umum dan dikira nggak ada orang, eh ternyata ada orang lain dan sempat menganggapnya gila, jadinya teman tersebut malu, deh. Bisa juga pengalaman kejadian lucu yang diunggah di media sosial lalu viral.

Yang ketiga adalah pengalaman horor teman bisa menjadi ide tulisan.

Saat ini, tulisan horor masih menarik bagi pembaca. Baik itu berupa novel, atau tulsian di blog, sehingga cerita bersambung. Mungkin teman baru saja mengalami kejadian horor? Nah, ceritakan kembali peristiwanya secara detail tapi tetap jaga privasi teman jadi ada yang nama dan lokasi tidak sesuai kenyataan.

Yang keempat adalah cerita inspiratif teman juga bisa menjadi tulisan.

Punya teman yang inspiratif? Inspiratif itu tidak selalu sukses dengan kaya harta, atau menjadi profesor, dan lainnya. Tapi bisa hal sederhana tapi berdampak positif bagi orang sekitar. Misalnya, suka kampanye go green, maka tulislah sosok teman tersebut.

Yang kelima adalah pastikan jaga privasi.

Ini yang penting ketika akan menulis dari kisah nyata, apalagi ini bukan dari pengalaman Anda sendiri. Maka, sebaiknya menjaga privasi seperti namanya diganti, tempatnya diganti, hal detail seperti ciri fisik atau deskripsi isi rumah juga diganti. Intinya yang membaca nggak tahu kalau itu pengalaman teman.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.