Nggak Pede Ikut Komunitas Menulis, Gimana Dong?

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar semakin yakin kalau ibu rumah tangga (IRT) juga bisa menjadi penulis meski dari rumah saja. Selain itu, untuk mendapatkan ilmu dan semangat menulis harus bergabung di komunitas. Sayangnya, masih yang nggak pede. Terus, harus melakukan apa?

Yang pertama adalah yakinkan diri sendiri kalau di komunitas justru membuat Anda akan bisa mengembangkan potensi menulis.

Dari pada Anda hanya diam di rumah saja. Tapi ketika bergabung di komunitas menulis akan melihat IRT yang lain bisa menulis, sehingga Anda ikut termotivasi pasti bisa mengikuti jejak mereka. Jadi, mindsetnya mulai terbuka untuk mau bergabung.

Yang kedua adalah ada anggota komunitas menulis yang low profile kok.

Mungkin Anda nggak pede masuk ke komunitas menulis karena anggotanya sudah banyak yang mengeluarkan buku atau banyak karya tulisan di tempat lain. Percayalah, masih ada yang low profile sehingga mereka tidak melihat apakah Anda sudah punya karya atau belum.

Yang ketiga adalah teruslah menulis karena tidak akan ada yang tahu kalau Anda pernah ditolak.

Ketika di komunitas menulis ada informasi lomba menulis, lalu Anda mengikutinya dan ternyata tidak menang, toh yang tahu juga hanya Anda dan juri. Bisa jadi, jurinya juga tidak ingat itu tulisan Anda karena banyak yang masuk. Jadi, terus menulis tanpa merasa malu.

Yang keempat adalah konsisten ikut lomba menulis.

Lomba menulis adalah ajang Anda latihan menulis, dan kesempatan Anda pasti bisa menulis sesuai deadline. Setiap lomba pasti ada batas waktunya sehingga membuat Anda belajar menulis sebelum deadline tersebut.

Yang kelima adalah percayalah dengan konsisten menulis pasti Anda akan punya karya.

Mungkin pada awalnya sering mendapatkan penolakan. Tapi jika Anda konsisten menulis maka otomatis kualiats tulisannya juga semakin menarik dan akhirnya bisa “pecah telur” juga.

Yang keenam gabung di komunitas

Dikomunitas bisa ketemu, ada yang low profile, action nulis toh ditolak nggak ada yang tahu, ikut lomba, lama-lama punya karya, IIDN, end.

Salah satunya Anda bisa bergabung di komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) yang memang ingin melejitkan produktifitas para ibu di bidang penulisan, mendukung setiap anggotanya menerbitkan minimal 1 buku, dan mempererat kolaborasi positif antar anggota di berbagai bidang. Sudah lebih dari 4.231 buku yang terbit oleh anggota IIDN dan mayoritas adalah ibu rumah tangga (IRT) yang rempong.

Komunitas IIDN berada di payung Indscript Creative yang memang fokus pada pemberdayaan perempuan, khususnya di bidang menulis dan atau bisnis, agar perempuan di mana saja terus produktif, termasuk bagi yang banyak berada di dalam rumah. Untuk bergabung dengan komunitas IIDN silahkan KLIK DI SINI agar bisa masuk ke grup facebook-nya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: