Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan bagi Pebisnis Pemula

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, menjelaskan kebiasaan yang harus Anda tiru. Maka, di artikel ini menjelaskan bagaimana Anda, sebagai pemilik bisnis, pelan-pelan memiliki jiwa kepemimpinan. Pasalnya, untuk menjadi pebisnis sukses itu juga harus punya jiwa tersebut. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan?

Satu, keinginan dari dalam diri sendiri.

Yang pertama, Anda sendiri yang menyadari harus pelan-pelan bisa membangun jiwa kepemimpinan dalam diri sendiri. Walaupun Anda adalah pebisnis yang baru dan mungkin sebelumnya tidak pernah menjadi pemimpin. Tapi, jiwa pemimpin itu tidak lahir begitu saja karena Anda harus memupuknya setiap hari sedikit demi sedikit.

Dua, gali ilmu seputar kepemimpinan.

Saat ini, banyak sekali ilmu yang bisa Anda gali seputar kepemimpinan. Antara lain, Anda bisa membaca buku biografi mengenai pebisnis lain. Mulai apa yang dia lakukan agar bisnisnya sukses, bagaimana memotivasi anak buah, hingga caranya bisa menjadi pemimpin yang harus punya solusi dari masalah bisnis.

Tiga, action.

Tidak hanya membaca, tapi Anda harus segera action dari ilmu tersebut. Anda bisa mempraktekkan ilmu tersebut satu per satu. Misalnya, minggu ini Anda belajar dan action bisa memotivasi karyawan, lalu minggu depan belajar dan action menjadi problem solver dan terus melakukan pemberian motivasi. Jadi, sedikit demi sedikit tapi konsisten action.

Empat, mengikuti training kepemimpinan.

Lewat training, Anda bisa bertemu mentor yang mengajarkan bagaimana memiliki jiwa kepemimpinan. Anda bisa juga memilih training dalam bentuk grup, sehingga berkenalan dengan peserta lainnya. Ketika bertemu peserta lainnya yang sama-sama belajar, Anda pun merasa ada temannya untuk berjuang.

Lima, asah dan gunakan insting.

Setiap orang pasti punya insting, maka Anda bisa menggunakan hal tersebut ketika menjadi pemimpin. Mungkin awalnya tida punya insting, tapi dengan terus berlatih maka bisa peka terhadap insting yang muncul.

Menjadi pemimpin adalah proses, Anda bsia mencatat hal-hal penting seputar menjadi kepemimpinan di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com