Mengelola Bisnis Online Bersama Tim

Sebelumnya, Anda sudah harus membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena tips tersebut mudah dilakukan dan juga cocok bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT). Selain itu, agar bisnis Anda laris manis memang membutuhkan kerja sama dengan tim. Berikut ini yang harus Anda lakukan terhadap tim.

Yang pertama adalah memberi arahan bukan memberi perintah.

Anda harus menjadikan karyawan sebagai tim Anda, bukan bawahan saja. Jadi, sebaiknya Anda memberikan arahan, soal bagaimana tim meraihnya memang bisa Anda bebaskan. Beda dengan memberi perintah itu lebih ke otoriter dan bisa jadi tidak cocok dengan karakter karyawan tersebut sehingga mereka tidak berkembang juga.

Yang kedua adalah harus bisa bertumbuh bersama dengan tim.

Ketika Anda punya ilmu, bagikan karena hal itu juga bermanfaat bagi karyawan. Jadi, Anda dan semua karyawan bisa sama-sama bertumbuh, bisa menjadi orang yang lebih baik lagi, sehingga tidak ada yang merasa lebih baik, dan bisa bisa berkembang secara seimbang juga.

Yang ketiga adalah perlahan-lahan karyawan akan loyal.

Salah satu yang menjadi bahan curhat pebisnis adalah, merasa sudah capai-capai memberi arahan, ketika sudah pintar, malah pergi dan meninggalkan bisnis Anda. Maka, Anda harus bisa membuat mereka loyal dengan membuat mereka terus nyaman bekerja sama dengan Anda. Tapi jika terpaksa keluar ya tidak apa-apa karena Anda sudah menjadi bagian sejarahnya.

Yang keempat adalah mengajak tim untuk mengikuti training dan setelahnya melihat praktek dari ilmunya.

Misalnya, Anda mengajak tim CS ikut training, lalu setelahnya apakah ada perubahan? Misalnya, jadi lebih ramah menghadapi berbagai karakter pembeli, atau justru tidak ada perubahan sama sekali. Maka, setelah training bisa mengajak dan membimbing agar mau praktek ilmunya.

Yang kelima adalah ajarkan hal yang mereka butuhkan.

Tidak hanya harus lewat training, tapi Anda sendiri, sebagai pemimpin bisa bisa memberikan training secara privat sekaligus agar semakin dekat dengan tim. Misalnya, Anda baru saja ikut training promosi di LAAF, maka bisa ajak mereka ikut training juga, atau Anda mengajarkan kepada mereka.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com