Mencari Inspirasi Menulis di Saat Weekend

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Menulis Pengalaman, maka ide menulis itu sudah ada dan Anda hanya cukup menangkapnya. Apalagi hari ini bertepatan dengan weekend sehingga bisa sekaligus mencari ide. Setidaknya, Anda bisa menggali ide dari 6 kegiatan yang biasanya dilakukan ketika weekend. Antara lain berikut ini.

Satu, tempat wisata.

Hari libur identik dengan mengunjungi tempat wisata. Baik tempat wisata alam, tempat perbelanjaan, atau tempat wisata sejarah. Nah, Anda bisa berbagi cerita seputar wisata tersebut. Bisa berupa naskah buku, atau menulis di blog, maupun mengirimkan tulisan kepada media. Ceritakan apa yang menarik dari wisata tersebut, hingga berapa tarif masuknya jika ada.

Dua, kuliner.

Hari libur juga kerap diisi dengan mencoba kuliner. Apalagi banyak orang yang membutuhkan informasi wisata kuliner. Mulai kuliner trasidional, kuliner modern, hingga kuliner yang unik-unik. Kunjungan Anda ke tempat kuliner bisa menjadi bahan ide tulisan. Ceritakan apa nama kulinernya, belinya di mana, harganya berapa, hingga bagaimana rasanya menurut Anda.

Tiga, aktivitas di rumah.

Bagi yang memilih mengisi weekend dengan di rumah saja, tetap bisa mencari ide menulis. Cukup ceritakan apa kegiatan weekend yang menarik dilakukan bersama keluarga. Misalnya, bermain bersama anak tanpa memegang ponsel sama sekali, membuat karya bersama-sama keluarga, dan hal lainnya yang membuat hari libur tetap ceria walau hanya di dalam rumah.

Empat, tempat bermain.

Hari libur juga kerap diisi dengan mengunjungi tempat bermain. Baik itu playground yang biasanya diisi oleh balita hingga anak-anak, atau bagi anak muda memilih tempat nongkrong yang ramai dan ada wifi. Anda bisa menceritakan di mana tempat liburan yang aman bagi balita, atau buat anak-anak, bahkan yang kerap ramai dikunjungi oleh remaja.

Lima, berkebun

Ada yang suka mengisi hari libur dengan berkebun? Kenapa tidak sekalian menjadikan hal itu sebagai ide menulis? Bagikan tips berkebun versi Anda sendiri, tulis tanaman apa yang mudah dikoleksi berdasarkan pengalaman pribadi, atau mau menulis trend tanaman terkini.

Enam, review film.

Ada juga, yang mengisi hari libur dengan menonton bioskop atau DVD di rumah. Kenapa tidak sekalian menulis review-nya juga? Tentu berdasarkan pendapat Anda sendiri.

Sebaiknya, catat 6 ide menulis saat weekend di Agenda Remaja Prestatif dulu. Biar nanti, setidaknya sudah tahu bagaimana mencari ide ketika harus menulis. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com