Masalah Ketika Melakukan Pekerjaan Penulis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar semakin yakin kalau banyak ibu rumah tangga (IRT) yang juga menjadi penulis, sehingga Anda jug pasti bisa. Selain itu, umumnya bagi penulis baru akan menghadapi beberapa masalah ini. Tapi, dengan mengetahui terlebih dahulu membuat Anda tahu harus melakukan apa saja.

Yang pertama adalah tidak tahu karakter penerbit.

Bagi yang ingin menerbitkan buku di penerbit mayor, maka harus tahu dulu gimana karakter penerbit. Pasalnya, naskah yang ditolak bisa jadi bukan karena isinya jelek, tapi bisa karena isinya menarik sayangnya dikirim ke penerbit yang tidak tepat. Anda bisa mengenali karakter penerbit dengan membaca buku-buku mereka dulu.

Yang kedua adalah tulisannya kurang “menjual”.

Bagi penulis baru, umumnya menyelesaikan 1 naskah saja sudah senang karena memang harus melalui beberapa proses. Tapi, ada juga yang kurang “menjual” sehingga ditolak oleh penerbit. Maka, perlu juga mengetahui trend buku terkini itu seperti apa dan itu yang dicari oleh penerbit dan pembaca.

Yang ketiga adalah ingin menerbitkan lewat indie tapi merasa berat.

Saat ini, ada beberapa tawaran menerbitkan buku melalui penerbit indie. Tapi, ada beberapa pilihan penerbit indie. Ada yang kurang profesional sehingga hasilnya tidak sesuai keinginan, ada yang mahal karena harus mencetak dalam jumlah besar, ada yang berupa penipuan meski hanya oknum sebagian kecil saja.

Yang keempat adalah tidak tahu bagaimana cara menebitkan buku.

Maka, sebaiknya Anda mencari informasi tersebut di internet. Bisa juga aktif di komunitas menulis sehingga berkenalan dengan berbagai penulis. Anda bisa bertanya kepada mereka seputar bagaimana menerbitkan buku sehingga jawabannya juga valid, karena mereka sudah pernah melakukannya.

Yang kelima adalah tetap terbitkan naskah pertama Anda.

Naskah pertama tentu punya sejarah tersendiri. Biasanya, banyak yang menolak naskah tersebut. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap menerbitkannya secara indie dulu. Agar ada buku yang suadh jadi dan menyimpan naskah pertama Anda. Termasuk di BUKUIN Aja!

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: