Manfaat manajemen Waktu dan Bisa Konsisten

Bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT), manajemen waktu adalah hal yang wajib. Pasalnya, tugas IRT pada dasarnya sudah sangat banyak, seperti mengurus keperluan suami dan anak-anak, memasak, membersihkan rumah, dan masih banyak lagi. Walau ada beberapa yang menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART), tapi banyak juga yang mengaku susah mendapatkan ART sehingga mau tidak mau harus mengurus semuanya sendiri.

Manajemen waktu sendiri umunya berupa jadwal harian mulai bangun tidur hingga malam hari.

Misalnya, harus bangun jam 3 pagi untuk ibadah setengah jam, lalu membersihkan rumah sampai jam 4, dan seterusnya. Ternyata, jika IRT memiliki manajemen waktu, setidaknya akan merasakan manfaat positif seperti berikut ini:

Manfaat pertama adalah masih punya waktu untuk melakukan hal produktif lainnya.

Dengan memiliki manajemen waktu, maka Anda akan harus membuat jadwal kapan melakukan kegiatan produktif lainnya, seperti berbisnis, menulis, atau design, dan yang lainnya. Dari kegiatan tersebut, bisa mendatangkan penghasilan tanpa harus ke luar rumah.

Selain itu, Anda masih punya waktu untuk melakukan hobi atau me time.

Jika Anda memiliki me time, maka pikiran akan lebih segar dan melakukan kegiatan sebagai IRT dengan lebih santai. Apalagi, kalangan IRT rentan stress karena pekerjaannya di dalam rumah dan monoton itu-itu saja. Maka, sesekali lakukan hal yang membuat Anda senang dengan me time.

Tapi, masalah yang terjadi itu nggak bisa konsisten dengan manajemen waktu yang sudah dibuat. Padahal, IRT yang lain juga bisa konsisten, lho. Agar bisa terus konsisten mematuhi jadwal harian, maka buat dan tulis reward dan punishment. Dari Anda, buat Anda sendiri pula.

Misalnya, jika selama seminggu Anda bisa konsisten, maka bisa dapat reward berupa jalan-jalan ke mall buat refreshing. Padahal, jalan-jalan ke mall tidak masuk dalam jadwal harian. Hal tersebut sah dilakukan asal bisa membuat Anda kian semangat. Untuk punishment, jika satu hari Anda tidak konsisten, maka harus bayar ke suami 20 ribu. Jadinya Anda termotivasi konsisten agar nggak harus bayar denda.

Untuk memudahkan Anda membuat manajemen waktu, Indscript Creative akan membagikan panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Nah, tunggu tips seputar manajemen waktu dari kami yang berikutnya, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: