Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga yang Berbisnis

Menjadi ibu rumah tangga (IRT) saja sudah memiliki segudang aktivitas. Mulai mengelola kebutuhan anak dan suami, mengurus rumah, hingga urusan pribadinya yang sering masih kurang diperdulikan. Apalagi jika harus ditambah kesibukan berbisnis, rasanya tidak akan mungkin bisa.

Tapi, tahukah kalau banyak IRT di luar sana yang sama-sama padat jadwal hariannya, tapi masih tetap bisa berbisnis? Nah, Anda bisa mengikuti jejak mereka. Pasalnya, rahasia IRT yang bisa berbisnis adalah membuat manajemen waktu. Berikut ini cara menyusun manajemen waktu.

Langkah awal adalah membuat daftar semua kegiatan.

Catat semua kegiatan Anda setiap harinya, walau daftarnya pasti panjang. Antara lain, memasak, mengantarkan anak, makan, merekap pesanan online, membaca buku, hingga yang paling sederhana seperti mencuci piring.

Lalu, pisahkan antara kegiatan yang penting dengan yang kurang penting.

Kegiatan penting adalah aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan, seperti ibadah, makan, mandi. Untuk kegiatan yang kurang penting adalah yang bisa ditinggalkan, misalnya menonton televisi yang terlalu lama, atau kebiasaan ngobrol dengan tetangga yang terlalu lama.

Kemudian, masukkan setiap kegiatan di jam yang seharunya dilakukan, atau buat jadwal harian Anda.

Pastikan Anda mencatat kegiatan dari bangun pagi hingga tidur lagi. Tujuannya, Anda sudah tahu harus melakukan apa saja terlebih dahulu.

Biar Emak mematuhi jadwal tersebut, baiknya tulis lalu pajang di dinding.

Itu akan bisa membuat anggota keluarga lain juga mengetahui jadwal kegiatan Anda. Bisa jadi, ketika Anda malas mengikuti jadwal tersebut, tetapi si anak mengingatkan, sehingga kembali konsisten. Selain itu, pilih desain papan mencatat jadwal harian yang menarik. Seperti DAILY ACTIVITIES FOR MOM, bukan hanya mini board ini berfungsi sebagai papan yang mencantumkan daftar aktivitas, tapi ada visual (gambar) yang menarik jadi semangat komitmen.

Untuk itu, Indscript Creative memberikan rahasia cara membuat manajemen waktu. Anda cukup mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

IRT ingin sukses berbisnis? Langkah awal adalah miliki manajemen waktu.

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • apa masih bisa disebut ibu rumah tangga jika berbisnis
  • manajemen waktu antara berbisnis dan keluarga
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com